BNN Datang, PSK Sembunyi

0
814

Petugas Cek Urine di Lokalisasi 24

BINTAN – BADAN Narkotika Nasional (BNN) Kota Tanjungpinang melakukan penyuluhan mengenai bahaya narkoba kepada para PSK di kawasan lokalisasi Km 24 Toapaya, Selasa (29/8). Pada penyuluhan tersebut, setidaknya hanya 33 orang PSK yang datang, selebihnya sekitar 50-an orang PSK lainnya kebanyakan takut dan memilih bersembunyi. Pasalnya, kabar yang beberapa hari berkembang di kalangan warga lokalisasi.

BNN tak sekedar melakukan penyuluhan saja, melainkan melakukan cek urine. Usai penyuluhan oleh tenaga ahli BNN, mereka melakukan cek urine kepada 33 PSK yang hadir. Sementara hasilnya, satu orang dinyatakan positif menggunakan narkoba. ”Ada 33 orang yang cek urine dan 1 orang positif. Kami akan lakukan cek urine secara door to door, karena data dari Pak Rw jumlahnya ada 88 orang,” ujar Sri Burdiningsih selaku Kasi Rehabilitasi BNNK Tanjungpinang.

Baca Juga :  Bintim Rebut Piala Bergilir

Ia mengatakan, kegiatan penyuluhan dan cek urine ini digagas dari kerjasama dan sinergi antara BNN dengan Puskesmas Toapaya. Sebagaimana diketahui, Puskesmas Toapaya merupakan satu dari tiga tempat rehabilitasi rawat jalan di Bintan selain RSUD Busung dan RSUD Kijang. ”Ke depan kita akan terus berkoordinasi untuk rutin melakukan kegiatan ini bekerjasama dengan kegiatan yang disejalankan oleh medis Puskesmas yang rutin mengecek kesehatan para PSK disini,” tuturnya.

Lokalisasi menurutnya merupakan kawasan yang rentan narkoba. Sehingga, pihaknya akan berupaya sedemikian rupa untuk menekan angka korban keganasan narkoba terkhusus di lokalisasi. Minimnya kehadiran para PSK mengikuti kegiatan BNN, disebabkan rasa kekhawatiran mereka akan ditindak secara hukum bila positif menggunakan narkoba. Sehingga, kebanyakan dari mereka memilih untuk ngumpet agar tidak ketahuan positif menggunakan narkoba. ”Males ah, entar kalau positif malah diangkut pula,” ungkap salah seorang PSK.

Baca Juga :  Rig di Perairan Lobam Bikin Masalah

Pantauan di lapangan, sesudah melakukan cek urine kepada PSK yang ikut penyuluhan, BNNK Tanjungpinang dibantu tenaga medis dari Puskesmas Toapaya menyambangi setiap kediaman para PSK di lokalisasi. Aksi ini dilakukan untuk mengetahui jumlah sesungguhnya para PSK yang positif menggunakan narkoba. (JENDARAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here