BNSP akan Uji Kompetensi Mahasiswa BTI

0
632
PRAKTIK: Mahasiswa BTI sedang praktik menata peralatan di meja makan. f-ISTIMEWA

BINTAN – Sebanyak 66 mahasiswa angkatan 2016 Bintan Tourism Institute (BTI) akan mengikuti ujian kompetensi, dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) pekan depan.
Tempatnya di kampus dengan mendatangkan asesor BNSP dari Jakarta. Ujian dilaksankan selama 3 hari.

Hal ini dikatakan salah satu staf kampus BTI bidang kemahasiswaan Taufik kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (6/9). Ujian tersebut, untuk mendapatkan sertifikasi keahlian di bidang perhotelan yang telah menjadi standar kompetensi keahlian yang dimiliki dan merupakan persyaratan untuk bekerja di hotel bertaraf internasional.

BNSP merupakan sebuah lembaga independen, yang dibentuk pemerintah berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Keberadaan BNSP, untuk menjamin mutu kompetensi dan pengakuan tenaga kerja pada seluruh sektor bidang profesi di Indonesia melalui proses sertifikasi. BTI salah satu kampus di bidang perhotelan yang telah diakui kompetensinya.

Sehingga, beberapa mahasiswa dari luar Kepri datang untuk menempuh pendidikan di bidang perhotelan karena telah berstandar kurikulum Asean. Hingga kini, lulusan BTI telah bekerja di beberapa hotel berkelas internasional di dalam dan luar negeri. Ia menambahkan, materi yang akan diuji kompetensi meliputi house keeping, front office, food and beverage service serta food and beverage product.

Ia mengimbau, agar mahasiswa menyiapkan segala sesuatunya sebelum ujian komptensi BNSP. Persiapan itu, kembali mengulang dan mempelajari ilmu materi perkuliahan yang telah diajarkan sebelumnya. ”Kami berharap lulusan BTI siap bekerja dan bersaing,” tuturnya. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here