Bola Batam Bergairah, Bikin Sutanto Tan Happy

0
161
SUTANTO Tan pemain Liga Indonesia (dua dari kiri) bersama pelatih Darten Susilo (tengah) dan tim junior Hang Nadim FC.
Latihan dan sparing partner antarklub sepak bola di Kota Batam, sudah mulai bergairah. Bahkan, pemain profesional Sutanto Tan yang belum menjalani debut di Liga Indonesia musim 2020 ini, turut memotivasi SSB asalnya, Hang Nadim FC Batam.

BATAM – MASA new normal atau normal baru pascawabah Covid-19, tak cuma aktivitas ekonomi di Kota Batam yang bergerak. Aktivitas olahraga pun turut bergerak. Terutama cabang sepak bola. Kuncinya, pemain maupun pengurus klub dan SSB selalu menerapkan protokol kesehatan. Datang dan pulang pakai masker, cuci tangan dan cek suhu, serta jaga jarak ketika melaksanakan pemanasan dan latihan dasar bagi SSB. Maaf, pemain yang sakit dilarang untuk bergabung.

Selain new normal sebagai alasan untuk melaksanakan latihan sepak bola, para pecinta dan pemain sepak bola di Kota Batam, juga menjadikan Surat Edaran Menpora RI sebagai dasarnya. Justru beberapa ekspemain profesional menilai, dengan bermain sepak bola akan meningkatkan daya tahan tubuh atau kekebalan, guna menghindari Covid-19.

Baca Juga :  Pemain PPLPD Kirimkan Video ke Pelatih

”Sekarang, bola di Batam sudah bergairah kembali.Klub-klub dan SSB sudah ada yang menggelar latihan. Memang, protokol kesehatan selalu diperhatikan. Tak mesti pakai rapid tes segala,” ujar Junaidi, pemain Batam United Allstar.

Rabu (8/7) sore lalu, Batam United Allstar mengadakan sparing partner dengan tim IM Batam, di lapangan Citramas. Sebelum friendly match dimulai, masingmasing pemain melakukan prosedur protokol kesehatan. Pada pertandingan persahabatan ini, seorang pemain menjadi perhatian bagi pemain lainnya.

Dia adalah Sutanto Tan, pemain etnis tionghoa asal Batam. Sutanto Tan merupakan pemain profesional asal Kota Batam. Pria kelahiran Pekanbaru, 4 Mei 1994 (26) ini mengawali pembinaan usia dini di SSB Hang Nadim FC, Batam. Ia dilatih oleh coach Darten Susilo.

Baca Juga :  CSC Geser Fanta Boy Tanjungpinang

Sekarang, Sutanto Tan bermain di klub PSMS Medan. Di usia remaja, Sutanto Tan pernah bermain di Liga Singapura, saat membela klub Geylang United dan Haugang Singapura. Sutanto Tan pernah bermain di Pelita Jaya, Diklat Persib Bandung. Bahkan pernah masuk skuat timnas U-21 Indonesia.

Kemudian, Sutanto Tan pun bernah dikontrak dengan tim senior Pelita Bandung Raya. Sutanto Tan bermain di posisi gelandang ini juga pernah bermain untuk Persija Jakarta selama 2 musim, Bali United 2 musim, PSIM Yogyakarta (2019). Dan di musim 2020 ini, bergabung dengan PSMS Medan di Liga 2 Indonesia.

Baca Juga :  Lapangan Asyura Jadi Order Uji Coba

Menjelang lanjutan Liga 2 2020 dimulai Oktober mendatang, Sutanto Tan menjalani masa libur dengan keluarganya di Batam. Saat ini, Sutanto Tan lebih banyak melatih dan memotivasi pemainpemain junior Hang Nadim FC Batam.

”Sekarang bola Batam sudah bergairah lagi. Saya happy bisa memberikan motivasi buat adik-adik junior di Hang Nadim FC. Dan bisa mendampingi coach Darten, yang dulunya pelatih saya ketika masih belia,” demikian Sutanto Tan. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here