Bongkar Drainase, Pantau Banjir Dinihari

0
287
WAKO Tanjungpinang, Kapolres dan Kadis PU Henri saat meninjau banjir di Jl. Ir Sutami, Jumat (18/1) pagi. f-martunas/tanjungpinang pos

Kapolres dan kadis pu repot urusi banjir di tanjungpinang

Satu jam setelah hujan deras turun, Jumat (18/1) dinihari kemarin, sejumlah titik di Tanjungpinang sudah banjir. Termasuk rumah Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tanjungpinang, Henri di daerah Batu 8 Atas ikut banjir.

TANJUNGPINANG – Henri mengatakan, hujan deras turun sekitar pukul 01.30 dinihari. Satu jam kemudian, dirinya tak bisa tidur karena hujan deras yang mengganggu. Akhirnya Henri bangun dan mencium aroma tak sedap dari arah kamar mandi.

”Pas saya lihat kamar mandi, rupanya sudah lumpur. Air masuk dari saluran pembuangan. Bukan air kotor lagi, air berlumpur. Warna merah,” katanya, kemarin.

Tak lama setelah membersihkan kamar mandinya tersebut, Henri menerima telepon dari warga dan mengabarkan komplek perumahan mereka banjir. ”Saya sudah yakin, pasti banyak titik banjir. Tak bisa nih nunggu hujan reda, makanya saya keluar rumah ninjau banjir,” katanya memperkirakan dirinya keluar rumah meninjau banjir sekitar pukul 02.30.

Ternyata benar, untuk keluar dari lingkungan rumahnya saja, pemandangan sepanjang jalan itu air keruh warna merah.

Ia pun menelusuri sejumlah titik banjir lainnya. Henri melihat banyak masyarakat terutama yang rumahnya tergenang air sudah berada di teras. Warga tak bisa tidur karena rumahnya penuh air.

Henri mengatakan, banjir kemarin memang parah. Intensitas hujan yang turun sangat deras dan lama pula. ”Air laut sedang pasang, drainase banyak yang dangkal, jadinya begini. Banyak banjir,” ungkapnya saat meninjau pembongkaran drainase di Jl.Ir Sutami.

Di Jalan Ir Sutami, Henri harus dan anak buahnya harus membongkar semen penutup parit tersebut. Dari dalam parit, ditemukan akar pohon, sampah plastik, batu, kayu dan sampah lainnya.

Ketika sampah yang tersumbat tersebut diangkat, air langsung lancar mengalir. Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul dan Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi juga berada di lokasi tersebut.

Tak hanya Gubernur dan Wali Kota Tanjungpinang yang turun ke lokasi banjir kemarin. Namun, Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi juga turun ke lapangan.

Pukul 08.00 WIB, Kapolres dan belasan anggotanya turun ke Jl.Ir Sutami. Di sana, sebagian anggotanya mengatur lalu lintas yang berjalan lambat karena banjir.

Ketinggian air di lokasi itu sekitar 20-30 Cm, sehingga mengganggu arus lalu lintas terutama pengendara motor. Sementara anggotanya termasuk Kapolres sendiri membersihkan drainase.

”Drainasenya yang sumbat, makanya air meluap ke jalan raya. Tadi sebagian sudah kami bersihkan. Itu, akar pohon dan sampah tersumbat di drainase ini,” ujar Kapolres kepada Tanjungpinang Pos, sambil menunjukkan sampah dan akar yang diangkat dari drainase.

Kapolres mengatakan, ia dan anggotanya berusaha membersihkan parit di sana agar air lancar dan banjir langsung surut. Sehingga, arus jalan kendaraan kembali lancar.

Pantauan di lapangan, kapolres dan anggotanya hanya berbekal broti untuk mendorong sampah di parit tersebut. Namun, karena drainase sudah tertutup semen cor, mereka kesulitan membersihkannya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tanjungpinang, Hendri mengucapkan terimakasih kepada Kapolres dan anggotanya yang turun ke lapangan membersihkan drainase tersebut.

”Salut lihat Kapolres kita ini. Terinspirasi juga dengan cara kerjanya. Sudah dua kali ini Pak Ucok turun, pertama di depan SPBU Batu 7 sana,” katanya singkat. Henri juga bangga dan senang dengan sikap Kapolres yang selalu terbuka dengan siapa pun.

Tidak perah berpikir dua kali untuk membantu kepentingan masyarakat.

”Besok kita gotong-royong dekat tempat tinggal Pak Huzrin. Kita ajak Pak Kapolres, beliau langsung mau itu. Tak ada basa-basi, langsung oke gitu,” ujar Henri(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here