Bongkar Muat di Pelabuhan Pelantar II Lancar

0
256
Mobil antre untuk memuat barang dari kapal di pelabuhan bongkar muat di Pelantar II, kemarin. f-raymon/tanjungpinang pos
Jelang Ramadan, aktivitas pelabuhan bongkar muat di Pelantar II mulai ramai. Sudah banyak kapal kargo bersandar atau kapal barang dari antar pulau dan antar provinsi.

TANJUNGPINANG – Pelabuhan ini dibangun mengunakan dana APBD Pemprov Kepri 2018. Pelabuhan dibangun tersebut supaya tidak terjadi antrean bongkar muat yang cukup panjang.

Sebelumnya, bisa tiga atau empat hari kapal baru bisa bongkar. Mempercepat distribusi sembako atau bongkar muat barang dari luar daerah maupun sebaliknya.

Panjang pembangunan dermaga 260 meter. Pelabuhan ini tanpak lebih lebar dibandingkan sebelumnya. Di pelabuhan ini bisa bersandar lima sampai enam kapal berbobot sehingga kapal-kapal dari luar yang membawa barang ke Tanjungpinang sudah bisa merapat ke pelabuhan dan untuk membongkar muatan bersamaan.

Pelabuhan penyembrangan antar Tanjungpinang dan Kampung Bugis juga di sudah bagus. Sudah terpasangnya pembatas dan pemegang untuk para penumpang turun naik ke boat.

Agus penambang boat di kawasan pelabuhan tersebut engatakan, aktivitas bongkar muat barang sekarang cepat. Bisa dalam satu hari itu semua kapal yang membbarang sembako sudah selesai dibongkar. Berbeda sebelum diperbaiki, kapal harus antre lama baru bisa bongkar. ”Hampir setiap hari ada kapal yang melakukan bongkar muat barang,” katanya.

Lanjutnya, sedangkan untuk dermaga naik turunnya para penumpang dengan tujuan Kampung Bugis juga sudah dibenahi, penumpang juga mudah untuk turun naik.

Pelabuhan bongkar muat Pelantar II dibangun untuk fasilitas bongkar muat barang bagi kapal pedagang atau pengusaha tempatan.

Selama ini, aktivitas bongkar muat di Pelantar II menghabiskan waktu yang cukup lama karena harus antre. Sebab, pelabuhan yang lama berukuran agak pendek.

”Lebih tertata sekarang, apalagi untuk lebar pelabuhan pun lumayan bisa dua truk lewat,” jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya pelabuhan yang baru ini ada peningkatan produktivitas arus bongkar muat di Pelabuhan Pelantar II. Selain itu meningkatnya perekonomian warga khusnya didaerah pesisir.

”Semakin banyak pembangunan, kita berharap adanya perkembangan perekonomian,” ujarnya. (RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here