BP-Bakamla MoU Pengamanan Laut

0
93
Kepala BP Batam Lukita dan Kepala Bakamla Arie Soedewo berfoto bersama setelah MoU mengenai pengamanan perairan Batam, Rabu (29/8) di atas kapal Bakamla. f-humas BP Batam

BATAM – Keamanan perairan Batam yang dekat Singapura menjadi perhatian dalam menjaga kenyamanan investor dan masyarakat di Batam. Alasan ini yang mendorong Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Bakamla menandatangani MoU. Harapannya, barang-barang investor yang keluar masuk Batam, juga barang warga Batam bisa aman.

Penandatanganan MoU dilakukan antara Kepala Bakamla RI Arie Soedewo dan Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, Rabu (29/8). Harapannya, MoU ini akan menangani arus barang ilegal lebih baik. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Batam menjadi lebih baik.

”Ini diharapkan dapat mendorong perkonomian lebih baik. Ketika ekonomi bertumbuh dan berkembang, akan banyak aktivitas di laut. Sehingga dibutuhkan pengamanan,” kata Arie Soedewo.

Menurut Arie, pengamanan ini penting karena mengawasi aktivitas sah atau tidak sah, izin atau berizin aktivitas kapal di perairan Batam. ”Sehingga tidak ada aktivitas ilegal di perairan. Semua aktivitas bisa kami awasi untuk masyarakat. SDM di Bakamla mampu untuk itu, karena ada dari multi agen,” tegasnya.

Arie yang pada kesempatan itu menyematkan baret dan warga kehormatan untuk Lukita, menambahkan jika MoU itu memudahkan mereka menjaga keamanan laut dan jaminan keamanan. MoU ini akan memperkuat koordinasi antara dua lembaga itu.

”Sehingga dari dalam dan luar aman. Pengendalian dan pengawasan bisa berjalan dengan baik,” imbuh dia.

Terkait dengan MoU itu, Lukita mengucap syukur karena perjanjian kesepahaman disepakati. Demikian dengan pengangkatannya sebagai warga kehormatan Bakamla.”Dengan kerjasama akan mendapat dukungan pengamanan Batam sebagaimana harapan investor,” kata Lukita.

Terkait penghargaan pengangkatannya sebagai warga kehormatan Bakamla, dia menilai jika Bakamla melihat BP sebagai mitra strategis. Pihaknya juga akan lebih banyak berkoordinasi lagi. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here