BP Bangun Kota Air di Batamcenter

0
549
BP Batam dan pengusaha di batam membahas rencana promosi dan pengembangan pariwisata di Batam.f-martua/tanjungpianng pos

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam belakangan ini memberikan perhatian besar untuk dunia parawisata. Bahkan, kini BP sedang membagu destinasi pariwisata baru yakni Kota air yang loaksinya berada dekat kantor BP Batam.

Menurut Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto, destinasi wisata yang dikembangkan yakni berupa Kota Air Batam Centre. Oengerjaan kota air itu sudah dimulai dan kini lahannya sedang di reklamasi. ”Nanti, ini menjadi sentral bisnis. Akan ada gedung-gedung tinggi. Itu masih reklamasi. Akan menjadi sentra bisnis distrik,” kata Bambang.

Menurut Bambang Purwanto, BP Batam akan mensinergikan proyek ini untuk mendukung aktivitas yang sudah berjalan. Menurutnya, kota air yang dibagun hanya satu dari beberapa kegiatan pembangunan destinasi di Batam. Sekain itu, BP Batam juga akan gencar mendorong peningkatan kunjungan wisman dan wisatawan lokal masuk Batam. ”Kami tidak mengeluarkan uang banyak itu. Sekitar 70-80 persen uang kegiatan dari sponsor,” jelasnya.

Baca Juga :  Ssst.. Lolos Bersyarat PPDB Mesti Ngadap ke Dewan

Bambang mencontohkan, untuk Batam International Culture Canaval, anggaran BP hanya Rp 25 persen. Selain itu, ada kegiatan tahunan marathon yang disponsori pengusaha, perbankan dan perhotelan.

”Jadi tidak menghambur-haburkan dana. Kami memanfaatkan potensi. Nuansa Batam seindah ini, mau diapakan? Apakah dibiarkan hanya sebatas sebagai tontonan kita,” jelasnya.

Bahkan, untuk Batam menari yang akan digelar April 2018, itu disponsori pengusaha. Ada delapan pengusaha besar Jakarta yang menjadi sponsor. Selain itu, ada 140-an pengusaha Batam yang menjadi sponsor. ”Bahkan, untuk Batam Menari, kayaknya BP Batam tidak akan mengeluarkan dana,” ujar Bambang.

Baca Juga :  Kadispar Batam Harus yang Spektakuler

Bambang juga menantang para pelaku usaha keparawisatan saat itu untuk membuat kegiatan dan BP Batam akan mendukung penuh. Saat itu, dua orang undangan menyatakan menyiapkan rencana kegiatan parawisata. ”Kami menunggu presentasinya. Proposalnya harus dipresentasikan dan jelas,” tegasnya.

Sementara Kepala BP Batam, Lukita mengatakan, untuk Batam menari, pengusaha sponsor yang membantu, selain Jakarta, ada juga dari Bandung. Ada juga perusahaan airlines. Sementara untuk peserta, yang awalnya ditargetkan 16 ribu, sekarang jumlahnya jauh lenih besar. ”Tadi malam pendaftar sudah 19 ribu untuk Batam menari,” ungkap dia.

Baca Juga :  Dishub Bangun 20 Halte Baru

Lukita mengajak semua pihak agar sama-sama berbenah. ”Kalau tidak semua dibenahi, tidak bisa berkembang. Harus ditingkatkan pelayanan di pelabuhan, bandara dan transportasi,” katanya.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here