BP Batam Bantu Pelebaran Jalan

0
799
Flyover: Flyover Simpang jam Batam, tinggal menunggu finishing. f-dokumen/tanjungpinang pos

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam, mengaku akan membantu Pemko Batam dalam pelebaran jalan, termaksud pelebaran jalan sepanjang jalan Bunga Raya dari Simpang Indomobil sampai Simpang BCS. Selain itu, juga untuk pembangunan lengan jalan, BP Batam akan membatu, sehingga ke depan Batam tidak hanya dikenal sebagai kota industri, tapi juga tujuan pariwisata.

Dukungan untuk pembangunan infratruktur sebagaimana dilakukan Pemko Batam, diakui Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam, Purba Robert M Sianipar, akan berjalan mulai tahun depan. BP juga akan melakukan pembangunan dalam mengurangi kemacetan.

”Kami akan mendukung program Pemko Batam dalam pembangunan Batam. Sekarang mereka akan melebarkan lengan jalan di Simpang Indomobil itu. Nanti untuk pelebaran jalannya kita yang akan lakukan,” jelasnya.

Baca Juga :  Telkomsel Terima Penghargaan Atas Kenyamanan Digital

Terkait dengan pembangunan flyover Simpang Kabil, Robert mengakui batal dilakukan. Hal itu karena belum disetujui pemerintah pusat, masuk anggaran tahun 2018. ”Belum jadi tahun depan. Tapi, siapa tahu bisa kita upayakan agar jadi. Tapi, kita akan berjuang, segera bisa merealisasikan flyover di dua simpang itu,” kata Robert.

Sementara, untuk aset flyover yang dibangun dengan aggaran APBN, Robert menegaskan nantinya akan tetap menjadi aset pemerintah pusat. Hanya saja pengelolaanya akan diserahkan kepada BP Batam. Terkait, rencana Pemko Batam menjadikan flyover sebagai salah satu ikon Batam, dengan membangun taman disudut luar flyover, pihaknya menyamut baik.

Baca Juga :  PLN Siap Mendukung Kawasan Ekonomi Baru

”Peresmian memang direncanakan dilakukan Presiden RI, Joko Widodo. Kita wellcome, kalau Pemko Batam menganggarkan untuk membangun taman. Tapi terkait aset nanti begitu sudah jadi akan diserahkan ke BP Batam,” jelasnya.

Untuk mengatasi persimpangan di sepanjang jalan tersebut, akan dibangun flyover atau jalan layang di lima persimpangan Simpang Punggur sepanjang 310 m, Simpang KDA sepanjang 123 m, Simpang Kabil sepanjang 430 m, Simpang Jam sepanjang 165 m dan Jalan Sudirman 150 meter. Ada juga rencana pembanguna jalan Tol Batuampar -Mukakuning-Hang Nadim sepanjang 25 kilometer.

Baca Juga :  IGD RSUD dan Puskesmas Ditutup

Nantinya ruas tol tersebut akan ditawarkan sebagai jalan tol prakarsa badan usaha dan merupakan salah satu proyek strategis nasional dalam Perpres 3/2016. Pembangunan tol dilakukan untuk meningkatkan kelancaran arus transportasi barang antara kawasan industri Mukakuning, Pelabuhan Batuampar dan Bandara Internasional Hang Nadim. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here