BP Canangkan Seven Go

0
235
Ketua BP Batam Lukita menandatangani kesepakatan bersama untuk menyukseskan program Seven Go. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam mencanangkan seven go (7 Go) untuk Batam. Seven go ini artinya, go investment, go SME, go green, go clean, go pray, go health dan go creative. Pencanangan seven go untuk mengajak masyarakat menyukseskan target pertumbuhan ekonomi tujuh persen.

Pencanangan dilaksanakan Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, Sabtu (7/4) di Batam. Hadir dalam kesempatan itu, Kadin Provinsi Kepri, Kadin Kota Batam, dan masyarakat Batam. ”Seven go ini kita dorong, untuk bersama kita wujudkan pertumbuhan ekonomi Batam,” kata Lukita.

Dijelaskan Lukita, go investment bertujuan untuk memacu investasi. Sementara Go SME bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi lapisan masyarakat menengah kebawah. Selain itu, ada Go Green dilakukan untuk menghijaukan seluruh Batam dengan menanam pohon di sepanjang ROW jalan.

Saat pencanangan itu, sebagai cermin dukungan go green, ATB menyerahkan secara simbolis bibit pohon. Sekaligus dilakukan penanaman di belakang parkir kantor BP Batam. Nantinya ada ribuan bibit pohon yang akan disumbang ATB untuk mendukung program go green BP Batam.

”Kita juga ingin go clean karena kita ingin Batam ini bersih. Gerakan Go Clean ini terinspirasi dari cara masyarakat Eropa dalam merawat lingkungannya. Walau ekonomi tumbuh, tapi kita harus bersih,” jelasnya.

Untuk go clean, saat itu sekaligus dilakukan pembagian kantong plastik secara simbolis dengan pengusaha. ”Saya dapat video dari orang sedang jogging di Eropa. Mereka jogging dikasih kantong plastik untuk memungut tiap sampah yang mereka temukan,” sambung Lukita.

Sementara untuk go pray, terkait dengan keberagaman masyarakat di Batam. BP Batam ingin berkontribusi untuk membangun dan memelihara tempat ibadah di Batam. ”Ini untuk kepentingan masyarakat. Dalam kehidupan harus seimbang. Ini untuk menghormati keberagaman agama yang ada di Batam,” bebernya.

Sementara untuk, go creative, dimaksudkan untuk mendorong kreativitas masyarakat terutama di era digital ini. Nantinya diharapkan, ekonomi kreatif masyarakat akan bisa terakomodir dalam program Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). ”Sudah saatnya kita dorong kreativitas masyarakat. Sudah ada industri kreatif yang bisa membantu membangun kreativitas,” harapnya lagi.

Untuk go health, dijelaskan terkait dengan kesehatan. Lukita mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatannya dengan rajin berolahraga. Disamping itu, BP Batam juga tengah mengembangkan rumah sakit Badan Pengusahaan (BP) sebagai pusat pelayanan terpadu kesehatan untuk masyarakat Batam. ”Kami terus komitmen melalui program Go ini dan meminta dukungan semua stakeholder,” paparnya.

Saat pencanangan itu, BP Batam juga melakukan donor darah. Sejumlah warga ikut serta dalam donor darah itu. Termaksud dari kalangan pengusaha. Terkait dengan seven go ini, Ketua Kadin Kepri, Achmad Makruf Maulana mengatakan, pihaknya mendukung terobosan yang dicanangkan BP Batam. ”Ini program yang baik untuk menggairahkan dunia usaha, tentunya ini kami sambut baik,” kata Maaruf.

Pernyataan senada juga disampaikan Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk. Bahkan diakui Jadi, bersama BP dan Kadin Kepri, pihaknya akan melakukan promosi investasi ke Jepang dan Cina. “Kita lakukan promosi investasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi tujuh persen,” harapnya. (MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here