BP Dorong UMKM Berbasis Pariwisata

0
268
Gedung BP Batam di Batamcenter. f-istimewa

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam, menyiapkan rencana membantu pengembangan UMKM sekaligus pariwisata. Dalam pengembangan dunia pariwisata, BP Batam menyiapkan rencana mendorong kelahiran UMKM bidang pariwisata. Untuk mendukung itu, direncanakan untuk menyiapkan perkampungan batik di Batam.

Hal disampaikan Deputi Irjen Pol Bambang Purwanto, Kamis (17/5) terkait peluang bisnis UMKM saat pengembangan potensi wisata berjalan. ”Kita akan bantu kembangkan produk UMKM berbasis pariwisata. Di antaranya, pengembangan perkampungan batik, souvenir khas Batam dan kuliner khas Batam,” kata Bambang.

Selain itu, juga direncanakan untuk pemberdayaan kampung nelayan, pengembangan sanggar seni dan buaya lokal. Ada juga pengembangan wisata bahari, religi dan sejarah. ”Penataan pelayanan hasil produk UMKM itu penting. Itu untuk menarik wisatawan membeli produk yang dihasilkan saat berkunjung ke Pulau Batam,” harapnya.

Dalam pengembangan UMKM di Batam nanti, akan dibantu dengan bimbingan teknis. Selain itu, memberian kepastian secara hukum dan dapat dipertanggungjawabkan hasil produksinya. ”Juga dibantu dalam penerapan tata kelola yang baik, sosialisasi peraturan dan perijinan dipermudah,” janjinya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here