BP-Jasa Tirta I MoU Terkait Air

0
620
Pihak BP Batam dan Dirut Jasa Tirta I berserta rombongan foto bersama usai menandatangani MoU di Gedung Marketing BP Batam, pada Kamis (5/10). f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Perum Jasa Tirta (PJT) I sebagai BUMN membangun kerjasama dengan BP Batam untuk meningkatkan pengelolaan dan pemanfaatan air di Batam. Menurut Direktur Utama Jasa Tirta I, Raymond Valiant Ruritan, mereka membuat kesepahaman dengan BP Batam, untuk membantu sharing pengelolaan air di Batam.

”Kita bangun kesepahaman dalam pertukaran informasi dalam pengelolaan air. Sehingga ke depan air dikelola dengan bijak dan daerah serapan air lestari,” kata Raymond di Gedung Marketing BP Batam, Kamis (5/10).

Menurutnya, sinergi pengelolaan sumber daya air bersih di Batam sangat penting. Pihaknya berharap, dengan pengelolaan air yang baik, dengan pertumbuhan penduduk yang naik, ketersediaan air bersih tercukup. Dimana, pihaknya membantu sharing dalampengelolaan sumber air.

Baca Juga :  Istri Prajurit Gelar Pengobatan Gratis dan Bazar Sembako

”Selama ini, kami menjalankan tugas untuk pengelolaan banjir, monitoring kualitas air, pengelolaan kuantitas air, pengelolaan daerah tangkapan hujan,pengelolaan prasarana sumber daya air pencegahan lingkungan sungai. Kami akan bantu Batam,” janjinya.

Dipaparkan pengelolaan di Asahan dari air Danau Toba. Daerah Asahan menjadi model dalam pengelolaan air bersih yang sedang dilakukan dari awal. Tirta I baru masuk membantu dalam dua tahun ini. ”Di Batam, kami jadikan contoh atau model tampungan di Waduk Sei harapan sebagai model pengelolaan Dam,” kata Raymond.

Baca Juga :  Didi Calon Kadinkes Batam

Kondisi waduk Sei Harapan saat ini disebutkan, kapasitas tampungan tahun 2000, sekitar 3,637.000 m3. Sekarang daya tampung tinggal sekitar 2,8 juta meter kubik dan volume sendimen 800 ribu meter kubik. “Jadi perlu pembersihan,” imbuhnya.

Pernyataan senada disampaikan, Deputi BP Batam, Purba Robert M Sianipar. Menurutnya, MoU itu lebih spesifik terkait dengan dukungan pengelolaan air bersih. ”Kita bangun MoU, karena reputasi Tirta I sudah teruji dan terkenal,” katanya.

Jasa Tirta I disebutkan sudah terbukti dalam mengelola daerah serapan air (Dam) di di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Asahan. ”Mereka bisa mengelola termaksud Danau Toba. Makanya kita memilih bermitra dengan mereka,” kata Robert.

Baca Juga :  66 Kg Sabu Diamankan dari Bandara

Selain itu, melalui MoU itu, Jasa Tirta I akan membantu BP Batam memetakan sumber daya air, dan merekomendasikan bagaimana mengelola air. ”Serta menjaga agar Dam tertata dan sendimen berkurang,” bebernya.(mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here