BP Minta Pemko Jeli Cari Mitra

0
257
TPA - Wali Kota meninjau TPA beberapa waktu lalu. F-dokumen/tanjungpinang pos

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam akan menyerahkan pengelolaan sejumlah asetnya ke Pemko Batam. Di antaranya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Telaga Punggur, Pasar Induk Jodoh dan lainnya. Namun disarankan agar Pemko lebih jeli memilih mitra dalam mengelola aset itu.

Saran itu disampaikan Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha Lainnya BP Batam, Purba Robert M Sianipar, Selasa (6/6). Menurutnya, saat aset-aset diserahkan BP ke Pemko Batam, diharapkan dapat berhasil dikelola. Penyerahan aset ke Pemko juga sekaligus menjadi tantangan untuk Pemko Batam ke depan.

”Kalau berhasil mengelola dengan baik, kita salut. Saran kita, Pemko harus jeli mencari mitra kerja dalam mengelola seperti pasar induk Jodoh,” kata Robert.

Disarankan, Pemko bisa belajar dari pengelolaan pasar Tanah Abang di Jakarta. Di Tanah Abang, pemerintah DKI Jakarta, memberikan insentif untuk pedagang. Sehingga mereka tak berjualan lagi di luar pasar Tanah Abang. Sehingga ke depan, saat pasar induk sudah dioperasikan Pemko, pedagang tidak ada lagi yang jualan di luar.

”Kalau bisa, seluruh pedagang kaki lima masuk ke pasar induk. Kita akan serahkan lahan di luar pasar induk, luasnya sekitar 1.500 meter persegi,” sambungnya. Diingatkan Robert, diharapkan disiapkan dulu manajemen pengelolaanya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here