BP Operasikan Mobil Blink ke Perumahan

0
28
Kepala BP Batam, Lukita saat melakukan launching Mobil Blink guna memudahkan masyarakat membayar WTO dan IPH, Kamis (109) di Batam. f-martua/tanjungpinang pos

Bisa Bayar UWT dan IPH

Badan Pengusahaan (BP) Batam meresmikan mobil keliling (Blink) yang akan turun ke pemukiman masyarakat guna memudahkan pelayanan membayar uang wajib tahunan (UWT) dan izin peralihan hak (IPH).

BATAM – Peluncuran layanan keliling Blink untuk pembayaran atau pengurusan perpanjangan UWT dan IPH digelar, Kamis (9/8) di Batam, oleh Kepala BP Batam Lukita didampingi Kabiro Operasional Badan Pemeliharaan Keamanan Polri, Brigjen Pol Eddy S Tambunan, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal (BKPM) Azhar Lubis dan lainnya.

”Mobil ini mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Jadi, masyarakat tidak harus datang lagi ke kantor lahan untuk mengurus UWT dan IPH. Dari perumahan manapun bisa melakukan pengurusan saat mobil turun,” kata Deputi 5 BP Batam Irjen Pol Bambang.

Layanan itu akan beroperasi mulai minggu depan. Setiap Senin akan turun ke lingkungan perumahan masyarakat. Kemudian Selasa kembali ke kantor BP untuk imput data dan Rabu-Kamis turun lagi serta Jumat imput data UWT dan IPH.

”Pengambilan data dilakukan di lokasi tempat pelayanan dekat kediaman masyarakat. Pengambilan dokumen yang sudah selesai diproses juga di mobil keliling itu,” sambungnya.

Untuk memaksimalkan pelayanan lewat mobil keliling atau Blink, BP Batam berencana menambah jumlah mobil tahun depan. ”Dengan demikian, legalitas kepemilikan di lahan lebih cepat. Harapan kita penerimaan negara meningkat dari IPH dan UWTO,” jelasnya.

Saat ditanya jumlah target peningkatan penerimaan negara bukan pajak (PNBP), Lukita enggan mencanangkan. ”Berapa besar belum bisa dihitung. Itu hanya dampak saja. Yang penting, pelayanan kepada masyarakat Batam lebih baik,” katanya.

Sebagaimana disampaikan dalam petunjuk layanan Blink ini, pelayanan akan beroperasi mulai pukul 08.30 sampai 16.00 Wib. Minggu depan, pelayanan dilakukan di RW 06 Kelurahan Baloi, Kecamatan Lubukbaja dengan target 650 KK. Kemudian 13-16 Agustus akan dilakukan pelayanan di Perumahan Anggrek Permai Residence, Perumahan Anggrek Permai, Perumahan Garden Point, Perumahan Baloi Paradise, Perumahan Baloi Mas Permai, Perumahan Baloi View, Perumahan dan Kyisa Residence.

Di RW 04 Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota, akan menyasar 750 KK. Mobil Blink di sana akan dioperasikan 20-23 Agustus 2018, utamanya di Perumahan Orchid Park dan Perumahan Kembang Sari. Selanjutnya, di RW 05 Kelurahan Sei Jodoh, Kecamatan Batuampar, menyasar 400 KK dengan waktu pelaksanaan 27-30 Agustus. (MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here