BP Perkenalkan Teknologi Reklamasi Ramah Lingkungan

0
608
Rapat sosialisasi: Pertemuan untuk sosialisasi penerapan teknologi penahan struktur tanah ramah lingkungan di BP Batam, Sabtu (18/3). f-istimewa/humas Bp Batam

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam mengenalkan teknologi penahan struktur tanah ramah lingkungan dalam menjaga kesinambungan kegiatan pembangunan infrastruktur.

Teknologi itu dapat menjadi rujukan bagi kegiatan reklamasi di Batam ke depan. Sehingga ke depan, investor yang melakukan reklamasi memberi kamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Pengenalan terhadap tehnologi baru itu, dilakukan Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha Lainnya BP Batam, Purba Robert M Sianipar, dengan mengundang investor yang melakukan kegiatan reklamasi atau pematangan lahan. Pengenalan kosultan dan assistance ini dilakukan, agar dengan ekosistem alam, Batam tetap terjaga.

”Kita memberikan masukan bagi investor, bagaimana produk dan metode yang dapat dilakukan untuk melakukan reklamasi dengan aman dan nyaman bagi masyarakat,” ungkap Robert, Sabtu (18/3) di Batam.

Dengan teknologi itu, diharap kedepan reklamasi tidak menimbulkan dampak buruk pada lingkungan. Teknologi terkini itu juga diklaim biayanya ekonomis dan cepat pembangunannya.

”Zona reklamasi nantinya dikaitkan dengan fasos, fasum, drainase dan lainnya. Bagaimana reklamasi dapat dilakukan dengan aman bagi lingkungan sekitar,” ungkap Robert.

Teknologi baru ini kata Robert dikenalkan GEO Inventions, sebagai sebuah perusahaan konsultan pembangunan proyek infrastruktur kelas dunia asal Australia. Perusahaan ini dihadirkan dihadapan para pengusaha reklamasi, Jumat (17/3) di BP Batam.

”Kita hadirkan untuk mempresentasikan produk-produk mutakhir dalam kegiatan reklamasi yang sehat dan tidak membawa dampak buruk bagi lingkungan,” beber Robert.

Metodologi reklamasi milik GEO Inventions mampu mereklamasi hingga kedalaman 20 meter dengan ekosistem bawah laut tetap terjaga.

”Tetap terjaga walau permukaannya dilakukan kegiatan reklamasi,” bebernya.

Disampaikan pada kegiatan yang dihadiri investor dari PT. Asia Metal International, PT Utama Resort Batam, Tasti Laurenco, Batamas Puri Permai, Citra Shipyard, tehnologi itu sudah mereka lakukan di berbagai negara di Asia. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here