BP Target Investasi 750 Juta Dolar AS di 2018

0
655
Kepala BP Batam Lukita berbincang dengan pengusaha di kawasan industri Batamindo Senin (5/2) lalu.F-MARTUA/TANJUNGPINANG POS

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam, menargetkan komitmen investasi di Batam, sepanjang tahun 2018 ini, sekitar 650 juta hingga 750 juta dolar AS. Target itu diharapkan bisa terealisasi dari kemudahan-kemudahan yang diberikan Badan Pengusahaan (BP) Batam, seperti melalui kemudahan investasi langsung kontruksi (KILK ) dan ijin investasi 3 jam (I23J).

Target itu disampaikan Kepala BP Batam, Lukita, Selasa (6/2) usai penyerahan MoU antara Kawasan Industri dan ?Polda Kepri. Diakui, pihaknya optimis dengan target-target investasi di Batam, sehingga target pertumbuhan ekonomi 7 persen dalam 2 tahun dapat dicapai.

”Target komitmen investasi, diharap 650 sampai 750 juta dolar AS. Investasi terbantu I23J,” bebernya.

Dalam mencapai target investasi ini, BP Batam meningkatkan promosi selain kemudahan berinvestasi. Pada Januari dan Februari saja, empat investor yang masuk ke Batam. Dimana, tiga investor menggunakan fasilitas I23J dan satu investor masuk dengan jalur normal.

Baca Juga :  131 Pejabat Eselon III Bukan Titipan

Termaksud yang menggunakan investasi lewat I23J hari ini, ada PT Royal Newport Plastic. Perusahaan ini awalnya masuk lewat kemudahan I23J, Senin (5/2), namun tertunda sehari untuk memenuhi ketentuan di BP. ”Semoga kedepan investasi yang masuk semakin banyak dan mengurangi angka pengangguran serta meningkatkan perekonomian,” harapnya.

Lukita juga menyambut baik dukungan Polda Kepri yang diberikan melalui MoU dengan kawasan industri (KI) di Batam. Termaksud dengan Himpunan Kawasan Industri (HKI) di Batam. ”Kawasan industri sangat penting kita jaga dari segi keamanan. Kalau ada kejadian disana, nasional dan dunia internasional langsung bereaksi,” jelas Lukita.

Baca Juga :  265 Ribu Anak Tak Imunisasi MR

Diharapkan, dengan ada kesepakatan bersama kawasan industri, akan menjamin KI dari potensi gangguan. Dihimbau juga agar industri yang masuk HKI, sama-sama mendukung keyamanan investasi. ”Kita mendukung penetapan KI yang masuk objek vital nasional,” harapnya.

Sebelumnya, Lukita mengungkapkan investasi pada tahun 2017 yang berinvestasi di Batam, ada 73 proyek. Nilai investasi tahun 2017 itu meningkat dibanding tahun 2016 yang nilainya, USD471.368 juta dengan 71 proyek. ?Untuk tahun 2018, melalui investasi dan parawisata, pertumbuhan ekonomi Batam akan mencapai 5 persen.

Sehingga titik berat pembangunan yang akan dilakukan tahun 2018, terkait dengan investasi, destinasi wisata, penanganan masalah sosial dan peningkatan kerjasama antar instansi di Batam dan Kepri. Selain itu, juga pembenahan sturuktur BP.

Baca Juga :  Pengerjaan Pembukaan Jalan TMMD Dikebut

”Target, terkait penyelesaian permasalahan sebelumnya. Ada komitmen staf BP Batam untuk kompak dan menjaga integritas,” katanya.

Deputi Bidang Pelayanan Umum BP Batam, Bambang Purwanto mengatakan, anggaran 2018 akan difokuskan untuk menggerakan ekonomi masyarakat. Pihaknya juga akan menggelar banyak even dengan melibatkan para pelaku usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM). Supaya ekonomi masyarakat bisa kembali bangkit, dan dampaknya tentu akan membaiknya ekonomi Batam secara keseluruhan.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here