BP Ujicoba Oleh Air Limbah

0
706
Air bersih: Deputi BP Batam Robert Sianipar Ketua Himpunan Kawasan Industri Oka Simatupang saat mencoba air bersih hasil olahan dari air limbah rumah tangga Selasa (10/10). f-martua/tanjungpinang pos

Badan Pengusahaan (BP) Batam melakukan uji coba terhadap alat pengolah air limbah rumah tangga menjadi air bersih. Deputi BP Batam, Purba Robert M Sianipar dan para pengunjung yang hadir juga berkesempatan mencoba menggunakan air yang diolah dari limbah rumah tangga yang masuk ke kawasan itu, termaksud Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Dainal.

Ujicoba alat pengolah yang diberi nama Andrich Tech Sistem itu diuji coba di kawasan Instalasi Air Limbah, Batam Centre, Selasa (10/10). Pemaparan dan ujicoba alat dipandu perwakilan dari Andrich Tech, Andri. Air diambil langsung dari tempat penampungan air limbah disana yang sudah tersambung terhadap alat Andrich Tech.

Baca Juga :  UKM Malaysia Belajar Bikin Kue di Batam

””Dengan satu alat pengolah limbah ini, bisa mengolah limbah air dari 100 rumah tangga, hotel dan restoran,” kata Andri.

Sementara Robert Sianipar mengatakan, alat itu sudah digunakan diberbagai daerah di Indonesia. Termaksud digunakan di Bandung. ”Alatnya hemat energi katanya. Kita lihat, ini hasil limbah air yang diolah menjadi air bersih ini, jernih,” kata Robert yang mencoba menggunakan air untuk mencuci muka dengan didampingi Kepala Kantor Air BP Batam, Binsar.

Menurutnya, alat pengolah limbah rumah tangga itu penting untuk Batam, karena air di Batam mengandalkan hujan. Sehingga dibutuhkan langkah agar semua air bisa dimanfaatkan. ”Kita belum seperti Singapura, tapi kita menuju itu. Syukur curah hujan tinggi, 2500-3000 mil per tahun. Ke depan kita ingin semua air limbah dan air hujan tidak mengalir ke laut,” beber Robert.

Baca Juga :  Pemko Siapkan Pasar Daring Khusus IKM Batam

Diingatkan Robert, kebutuhan air akan semakin tinggi di Batam. Jika tidak ada langkah antisipasi, Batam akan krisis air bersih di tahun 2012. ”Kita perkirakan, pertumbuhan ekonomi dan penduduk, 2021 kita akan krisis air jika tanpa ada pengelolaan air yang baik,” sambungnya. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here