BPBD Mulai Bagikan Air Bersih ke Warga

0
285
Petugas BPBD mendistribusikan air bersih ke warga. f-yendi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang sudah menyuplai atau mendistibusikan air bersih ke masyarakat.

Terutama masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih karena air sumurnya kering. Suplai air bersih berdasarkan permintaan dari masyarakat melalui surat yang dikirim ke BPBD. Hal ini diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik BPBD Tanjungpinang Yeni Wilda kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (6/3).

Menurutnya, surat permintaan air bersih dari kelurahan sudah banyak masuk. Seperti dari Kelurahan Air Raja, Kelurahan Kampung Bugis, Kelurahan Kampung Bulang, dan Kelurahan Batu IX.

”Dari sekolah juga sudah ada meminta suplai air bersih. Kita sudah terima surat permintaan air bersih dari SMPN 4 dan SMKN 1 Tanjungpinang,” bebernya.

Untuk mensuplai air bersih, pihaknya selalu koordinasi dengan PDAM Tirta Kepri. Pasalnya, air bersih yang di suplai BPBD ke masyarakat berasal dari Waduk Sungai Pulai.

Karena air yang di suplai akan dikonsumsi oleh masyarakat. Bisa jadi air bersih tersebut digunakan untuk air minum dan lainnya.

”Jadi kita butuh air bersih dan kita salurkan air bersih lagi ke warga kita,” ucap dia.

Sambung dia, rata-rata pihaknya mensuplai air bersih ke masyarakat sebanyak 10 ton kubik. Untuk mencapai 10 ton kubik, pihaknya harus melakukan dua kali mensuplai air bersih. Pasalnya, BPBD hanya memiliki satu mobil tangki yang berisi 5 ton kubik air.

”Kita suplai air bersih sejak Februari kemarin,” terang dia.

Apabila banyak pesanan air bersih, pihaknya dibantu oleh PDAM Tirta Kepri dan BPBD Provinsi Kepri karena masing-masing intansi tersebut memiliki mobil tangki air.

Butuh air bersih, ia sarankan kepada masyarakat untuk mengirim surat permintaan air bersih ke BPBD Kota Tanjungpinang. Surat permintaan salah satu syarat administrasi yang perlu dipenuhi oleh masyarakat.

Suratnya pengajuan dari warga baiknya dari RT setempat. ”Yang penting itu alamat harus jelas. Sehingga air bersih yang akan di suplai sesuai dengan permintaan. Intinya, hari itu juga kita suplai air bersih ke rumah masyarakat,” tegas dia.

Ia berharap kepada pihak RT/RW hingga pemerintah setempat, yaitu kelurahan untuk menyediakan bak penampung air bersih. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here