BPD se-Kecamatan Subi Belum Punya Kantor

0
1317
kantor BPD: Dikecamatan lain ada BPD yang sudah punya kantor. Seperti BPD Desa Air Legit iniF-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Subi hingga kini belum memiliki sarana kantor.

Hingga saat ini, seluruh BPD masih menempati ruang alakadarnya yang disediakan oleh pihak desa. Ketua Forum BPD Kecamatan Subi Apandi menjelaskan, sejak terbentuknya BPD 10 tahun lalu, aktivitas kelembagaan masih satu atap dengan pihak pemerintahan desa.

”Padahal, BPD dengan pemerintah desa berbeda rumah tangganya dan memang harus memiliki kantor terpisah dari pemerintah desa,” ujar Apandi, Kamis (11/5).

Ia menambahkan, di kecamatan lainnya BPD telah memiliki kantor sendiri seperti BPD Air Legit yang memiliki kantor lengkap dengan sarananya.

Baca Juga :  Karya Bakti, Lanud RSA Beri Bantuan ke Tempat Ibadah

Saat ini, sebanyak 8 BPD telah tersebar di Kecamatan Subi dan tiada atu pun yang memiliki kantor. Melalui forum BPD, telah disepakati untuk mengusulkan PEMKAB Natuna mengakomodir anggaran untuk kantor BPD menggunakan APBD tahun 2018.

Ketua Forum BPD Kabupaten Natuna Chandra Adi Kusuma mengatakan, dari 70 BPD yang ada di 15 kecamatan, hanya beberapa desa saja yang sudah memiliki kantor BPD salah satunya BPD Air Lengit.

”BPD Air Lengit merupakan lembaga desa yang pertama kali memiliki kantor permanen,” terang Chandra Adi.

Baca Juga :  Yonkomposit Harus Bikin Nyaman Warga

Ia menjelaskan, saat itu pembangunan gedung kantor BPD Air Legit menggunakan anggaran PNPM Mandiri. Seharusnya, BPD lain bisa melakukan hal serupa melalui alokasi Dana Desa (DD) untuk membangun saran kantor.

”Kelembagaan BPD dan desa sangat berbeda tugasnya, namun tetap bertujuan yang sama, yakni bersama-sama menyuseskan pembangun desa dan memberi pelayanan kepada masyarakat desa,” sebutnya. (cr25)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here