BPJS Kesehatan Dorong Kepri Miliki Feri Ambulans

0
591
BERSANDAR: Kapak very yang sedang bersandar di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang. F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Kepala BPJS Kesehatan Kota Tanjungpinang, dr. Lenny Marlina mengaku banyak menerima aduan dari masyarakat terkait tidak ditanggungnya biaya transportasi feri umum antarpulau di Kepri. Hal ini dikarenakan Kepri belum memiliki feri ambulans. Selama ini yang ditanggung baru mobil ambulans di darat.

Jika Pemprov ataus etiap kabupaten-kota di Kepri membuat feri ambulans maka biaya transportasinya akan ditanggung yang hitungannya sesuai dengan tarif yang berlaku di daerah tersebut. Ini tujuanya agar pasien tidak tercampur dengan mayarakat lainnya, serta pelayananya bisa lebih cepat.

Ia menilai bahwa transportasi laut sebagai alat angkut pasien di wilayah Kepri sangat perlu karena secara geografis Kepri terdiri dari pulau-pulau kecil. Terkait hal ini, pihaknya sudah pernah menyampaikan ke Gubernu Kepri H Nurdin Basirun agar memiliki feri ambulans, minimal yang melayani rute Tanjungpinang-Batam atau sebaliknya. Bila ini direalsiasikan sudah sangat membantu pasien. ”Kita dorong Provinsi Kepri memiliki feri ambulans, jadi kalau ada pasien JKN-KIS yang di rujuk ke luar pulau tak perlu dibebankan biaya tasnpotasi, maka BPJS Kesehatan yang tanggung,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, belum lama ini.

Menurutnya, feri ambulans sudah perlu ada, mengingat jumlah pasien yang dari Tanjungpinang ke Batam atau dari pulau-pulau lain ke Batam sangat banyak. ”Sebagian pasien memang mengeluhkan biaya trasnportasi, apalagi peserta JKN-KIS yang iurannya di bayarkan Pemda atau APBN. Ini artinya masuk kategori tak mampu,” tuturnya. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here