BPN Serahkan 432 Sertifikat Prona

0
538
Serahkan sertifikat: Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah menyerahkan sertifikat prona ke warga batu 9. f-Istimewa

TANJUNGPINANG – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tanjungpinang menyerahkan 432 sertifikat Program Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) ke masyarakat di Kelurahan Batu IX.

Penyerahan sertifikat dilakukan secara simbolis oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmasnyah, di Aula Kantor Kelurahan Batu IX.

Lis Darmansyah, mengharapkan apa yang telah dilakukan dan diberikan pemerintah ke masyarakat mempunyai manfaat, khususnya bagi masyarakat Kota Tanjungpinang.

menurutnya, setiap program pemerintah adalah sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakatnya, terlebih lagi dalam membantu masyarakat, terutama bagi masyarakat ekonomi lemah dan menengah.

”Ini sebagai upaya pemerintah dalam membantu masyarakat dalam menerbitkan sertifikat tanah, supaya masyarakat memiliki kepastian hukum dari hak kepemilikan tanahnya,” ucap Lis.

Sementara itu, Budi Rustono Kasubag Tata Usaha BPN Kota Tanjungpinang, menjelaskan Prona adalah salah satu bentuk kegiatan legalisasi aset dan merupakan proses administrasi pertanahan yang diselenggarakan secara massal.

Prona juga merupakan salah satu wujud pemerintah dalam meningkatkan kesejahtraan masyarakat kecil hingga menengah.

”Program Prona telah dicanangkan oleh pemerintah di tahun 2016, sebanyak 432 sertifikat Prona akan kita berikan kepada warga di Kelurahan batu IX, sedangkan BPN sendiri di tahun 2017 ini telah menyediakan sebanyak 500 bidang,” Budi Rustono.

Menurut Budi, untuk tahun 2016, BPN memiliki target menerbitkan Prona sebanyak 700 bidang yang tersebar di seluruh kelurahan yang ada di Kota Tanjungpinang. Sedangkan untuk di Kelurahan Batu IX penerbitan sertifikat prona sebanyak 432 sertifikat dan sudah selesai semuanya.

Sedangkan sisanya, menurut Budi, masih belum dapat kita bagikan. Hal itu dikarenakan para peserta Prona masih ada yang belum menyelesaikan kewajibannya seperti memberikan alas hak/alat bukti perolehan/penguasaan tanah yang akan dijadikan dasar dan lainnya,” pungkasnya

Untuk 2017 ini, kata Budi, BPN Kota Tanjungpinang sudah menargetkan sebanyak 500 bidang dan kita fokuskan untuk kelurahan Batu IX, penyelesaiannya diperkirakan akan pada akhir Mei mendatang. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here