BPOM Cek Produk Tak Berizin

0
170
PETUGAS BPOM Tanjungpinang mengecek izin edar produk dan melihat masa berlaku produk, belum lama ini. f-raymon/tanjungpinang pos

BALAI Pengawasan Obat Dan Makanan (BPOM) Tanjungpinang mengecek peredaran produk, yang tidak memiliki izin edar di tengah masyarakat, baru-baru ini. BPOM menyita sejumlah produk tanpa izin edar.

TANJUNGPINANG – Kepala BPOM Tanjungpinang Mardianto mengatakan, pihaknya melakukan inspeksi mendadak di kalangan pedagang, untuk melindungi masyarakat dari penggunaan produk obat yang tidak memiliki ijin edar.

”Pengecekan dan pengawasan terhadap produk tidak ada izin edar, sudah kita lakukan,” katanya Minggu (16/12).

Mardianto menyebutkan, saat melakukan sidak, ada beberapa produk yang ditemukan dan diamankan, dikarenakan tidak miliki izin edar.

”Temuannya terkait legalitas. Sudah 24 sarana dilakukan pemeriksaan. Namun produk yang ditemukan itu, tidak terlalu banyak,” sebutnya.

Mardianto mengimbau kepada masyarakat, agar menjadi konsumen yang cerdas. Warga harus mengecek produk sebelum membeli. Pastikan kemasan dalam kondisi baik, dan tidak rusak.

”Cek label, cek izin edar. Yaitu pastikan produk sudah legal atau terdaftar di BPOM atau Dinkes, serta cek kedaluwarsa,” harap Mardianto.

Lanjutnya, sebagai penjual atau retail harus membeli dari sumber yang jelas, dari distributor resmi. Kemudian, produsen harus memproduksi pangan sesuai cara produksi pangan yang baik.

”Agar produk yang dihasilkan aman, bermutu dan bermanfaat dan legal yang terdaftar di BPOM atau Dinkes,” ujarnya.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here