BTI Buka Pendaftaran Maba

0
825
Mahasiswa Bintan Tourism Institute sedang melaksanakan praktik memasak disebuah hotel, belum lama ini. F-ISTIMEWA/tanjungpinang pos

KIJANG – Kampus Bintan Tourism Institute (BTI) telah membuka pendaftaran mahasiswa baru (Maba), tahun ajaran 2018/2019.

Kampus yang berada di Kijang, Kecamatan Bintan Timur itu telah membuka pendaftaran sejak 20 Desember tahun 2017 dan akan ditutup 30 Juni mendatang.

Program perkuliahan yang dibuka hanya dua, yakni Program satu (1) tahun Culinary College yang akan dimulai bulan Februari mendatang serta Program Batch VI akan dimulai bulan Juli tahun ini.

Koordiantor penerimaan Maba BTI, Siti Zamzainah menyebutkan, sampai dengan hari ini, sekitar 30 calon mahasiswa yang mendaftar.

”Peserta tersebut berasal dari berbagai daerah di Provinsi Kepri,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (16/1).

Jumlah kelas yang tersedia sangat terbatas yakni hanya untuk 100 mahasiswa. Direktur BTI, Ign Haryadi menyampaikan, perkembangan sektor pariwisata Kepri khususnya Kabupaten Bintan terus mengalami pertumbuhan.

”Kawasan wisata Lagoi dan Pantai Trikora, terus berdatangan investor dan membangun resor bertaraf internasional. Sehingga, daerah perlu menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pariwisata yang berkualitas,” jelas Haryadi.

Ia menambahkan, sejauh ini lulusan Bintan Tourism Institute 80 persen telah terserap diberbagai hotel yang ada di Kabupaten Bintan maupun luar itu.

Haryadi pun berharap, nantinya menjadi tenaga profesional di resor bertaraf internasional di Kabupaten Bintan.

Menurutnya, generasi muda Kepri harus mampu menangkap peluang. Jangan sampai hanya jadi penonton yang tak dapat menikmati hasil.

Peluang itu ada dan sangat bisa untuk dicapai. Tergantung dari kemauan. ”Saya yakin lulusan Bintan Tourism Institute pasti siap kerja. Sebab, mereka lulus dibekali tiga sertifikat kelulusan,” tuturnya.

Satu sertifikat kelulusan dikeluarkan kampus BTI, kedua sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Ke tiga sertifikat I’m Alert Food Handling Safety dari negeri Kangguru alias Australia.

Dengan memperoleh sertifikat itu, tidak sedikit alumni BTI yang telah bekerja di luar negeri seperti di kapal pesiar dan hotel-hotel ternama di lokal dan internasional.

Intinya, lulusan BTI siap bersaing di era masyarakat ekonomi Asean saat ini. Bagi generasi muda yang ingin berkarir dibidang pariwisata, maka bisa langsung mendaftarkan ke Kampus Bintan Tourism Institute di Jalan Raja Ali Haji KM 26 Kijang, Kecamatan Bintan Timur. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here