BTI Lirik Calon Mahasiswa di Lingga

0
457
PELAJAR SMA Negeri 3 Lingga ketika mendengarkan penjelasan dari salah satu staf Kampus Bintan Tourism Institute (BTI) Taufik Anugrah Putra ketika kegiatan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru, Rabu (7/3). f-istimewa/tanjungpinang pos

LINGGA – Bintan Tourism Institute (BTI) kembali menggelar sosialisasi di tingkat SMA sederajat di Kabupaten Lingga. Sosialisasi penerimaan mahasiswa baru ini, merupakan rangkaian sosialisasi di tahun kedua. Pada tahun lalu, sekitar 18 orang mahasiswa/mahasiswi berasal dari beberapa daerah di Kabupaten Lingga melanjutkan kuliahnya di BTI.

Saat ini, mereka sedang magang di resort kawasan Lagoi di Kabupaten Bintan. Sektor pariwisata di Kabupaten Lingga terus menapaki perkembangan seperti kawasan wisata di daerah Benan.

”Lingga sebagai Bunda Tanah Melayu memiliki destinasi wisata religi dan sejarah Melayu. Sehingga, perlu dikemas sebaik mungkin agar dapat mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi,” ungkap Siti Zamzainah, Koordinator PMB BTI, Rabu (7/3). Maka dari itu, persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) juga harus dipersiapkan dengan matang yang memenuhi standar.

Generasi muda Lingga, lanjut Siti Zamzainah, harus ikut serta dan menjadi tenaga kerja profesional yang nantinya akan mengisi peluang-peluang kerja di Lingga khususnya di bidang perhotelan.

Tour The Lingga yang dilaksanakan oleh Kampus BTI yang berlokasi di Kijang Kecamatan Bintan Timur ini dilakukan selama 10 hari di seluruh sekolah SMA dan SMK di Kabupaten Lingga.

Tri Febri Handayani, S. Par yang merupakan staff BAAK sekaligus dosen ini juga berharap, pihak Pemerintah Kabupaten Lingga bisa menangkap peluang dan bekerja sama dalam mengirimkan pelajar Lingga untuk kuliah di Bintan Tourism Institute. Sehingga, ketika kembali ke daerahnya mampu menjadi tenaga profesional yang berstandar internasional dalam mengisi pasar tenaga kerja profesional di sektor pariwisata.

”Sosialisasi penerimaan mahasiswa baru ini merupakan upaya Kampus BTI membuka pola pikir generasi muda khususnya pelajar SMA dan SMK di Kabupaten Lingga. Sebab, pertumbuhan pariwisata terus berkembang secara dinamis,” terang Tri Febri.

Sebelumnya, Kampus BTI kembali menggelar Tour The Karimun untuk mensosialisasi penerimaan mahasiswa/mahasiswi baru ke sekolah-sekolah tingkat SMA sederajat di Kabupaten Karimun.

Staff Akademik Kampus BTI Taufik Anugrah Putra mengungkapkan, Kabupaten Karimun dan Kabupaten Lingga memiliki sejumlah potensi kawasan pariwisata. Taufik meyakini, sektor pariwisata Kabupaten Karimun dan Lingga akan berkembang pesat dan bersaing seperti daerah lainnya di Kepulauan Riau.

”Alhamdulillah. Tour The Lingga berjalan lancar dan seluruh sekolah yang kami sambangi sangat antusias menyimak tentang dunia pendidikan pariwisata. Dengan demikian, kami harapkan setiap kawasan wisata daerah di Kepri terus berkembang pesat,” jelasnya.

”Namun, perkembangan itu tetap diiringi kemampuan SDM yang memenuhi standar profesional yang tinggi dan memiliki sertifikasi keahlian sesuai tuntutan era MEA,” tambah Taufik. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here