BTP Buka Pendaftaran Kelas Mandiri

0
1555
PRAKTIK: Salah satu pengunujung bule melihat mahasiswa BPT sedang praktik membuat kue.

Tanjungpinang – Direktur Batam Tourism Polytechnic (BTP) Muhammad Nur A Nasution mengatakan BTP Batam telah membuka kelas mandiri. Kuliahnya pada sore hari. Pendaftaran kelas mandiri sudah dibuka dan akan berakhir Agustus 2017 mendatang.

”Sama kelas reguler dan kelas mandiri, pendaftaranya kita tutup Agustus mendatang. Sekarang sedang penerimaan mahasiswa baru,” kata M Nur A Nasution, kemarin.

Kata dia, BTP terus mencetak sarjana, (Diploma IV) di bidang hospitality manager, executive chef, dan pengusaha. Hadir dengan tiga jurusan yakni Room Division Management diproyeksikan akan menjadikan pengusaha dan manager di bidang perhotelan dan usaha, Food and Beverage Management diproyeksikan akan menjadi pengusaha, manager dibidang perhotelan dan perindustrian makan dan minum seperti villa, apartement, kapal pesiar, bandara, penerbangan, dan Culinary Management yang diperuntukkan untuk menjadi pengusaha executive chef di industri makanan dan minuman.

”Lulusan BTP sudah banyak banyak bekerja di kapal pesiar, hotel di Singapura dan Malaysia. Karena, BTP memang menjalin kerjsama beberapa pengusaha perhotelan dan kapal pesiar,” tegasnya.

M Nur menilai, pendidikan yang memiliki peluang kerja sangat tinggi ke depannya adalah pendidikan pariwisata. Batam memiliki peluang dalam sektor apapun.

Kini, generasi muda antre dan mengikuti seleksi ketat masuk di BTP. Di Batam tidak ada yang sulit. Ia meminta para mahahasiswa, generasi muda untuk tidak malas, dan tidak menyia-nyiakan waktu yang ada.

Jika rajin belajar, maka nilai dan prestasi akan diraih. Alumnus BTP sangat dibutuhkan hotel, restoran, dan dunia pariwisata internasional. Tamat BTP silakan kerja luar negeri, tapi jangan jadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Bawa ilmu pengetahun dari Indonesia dan bekerja lah dengan baik di luar negeri.

”Ini kesempatan bagi putra putri terbaik di Kepri, lulusan BTP untuk berkarir di bidang pariwisata,” tegasnya.

Kemudian, naman kampus BTP sudah mendunia. Bahkan tanggal 16-18 Maret mendatang, akan jadi tuan rumah musyawarah wilayah (Muswil) regional Sumatera Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI).

”HMPI (Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia) terbentuknya HMPI ini sebagai wadah Mahasiswa Pariwisata Indonesia untuk beraspirasi dan memberikan kontribusi kepada Pariwisata yang ada di Indonesia,” tegasnya.

Menurutnya, pertama kali terbentuknya HMPI ini adalah di Bogor tepatnya di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Acara tahunan yang sudah dilakukan selama ini oleh HMPI (Muswil untuk Regional & Kongres se Indonesia).

”Sampai saat ini sudah terdaftar 40 Kampus Pariwisata bergengsi yang ada di Indonesia,” tegasnya.

Sedangkan Muswil Regional HMPI Regional Sumatera 2016 lalu diadakan di Akademi Pariwisata Medan.

”Alhamdulillah, tahun ini akan diadakan di Batam, tepatnya di Batam Tourism Polytechnic sebagai tuan rumah, mengusung tema ”The Power of Sumatra Tourism,” tegasnya.

Ditegaskan dia, tujuan digelarnya Muswil Regional Sumatera HMPI adalah memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan kepariwisataan Indonesia.

Sebagai media pemersatu generasi muda untuk saling bersinergi dan berkomitmen dalam membangun Kepariwisataan Indonesia.

”Kemudian sebagai ajang tahunan bergengsi bagi mahasiswa pariwisata Indonesia yang dikemas secara edukatif serta inovatif,” tegasnya.

Harapan lainya, dari kegiatan Muswil itu adalah mengimplementasikan tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kemudian, mempersatukan dan mempererat tali silahturahmi terhadap insan insan pariwisata yang ada di wilayah Sumatera.

”Batam Tourism Polytechnic sangat bangga menjadi tuan rumah dari Muswil Regional Sumatera. Dan diharapkan ajang pariwisata tahunan ini dapat menjadi panutan untuk semua insan pariwisata yang ada di Batam. Dan turut menyukseskan acara ini melalui Mahasiswa Pariwisata Indonesia terutama di Kepri,” tegasnya.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here