Budayawan Dunia Berkumpul di Tamadun Melayu Lingga

0
982
M Ishak

LINGGA – PERHELATAN Tamadun Melayu Antarbangsa, dijadwalkan bersamaan dengan perayaan HUT ke-14 Kabupaten Lingga pada 20 November 2017.

Rencana itu bertujuan, untuk mengumpulkan para tokoh Melayu dan budayawan antarbangsa serumpun Melayu dunia di Kabupaten Lingga.
Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Lingga M Ishak, Senin (2/10).

”Tahap awal kita mulai persiapan. Ini kegiatan daerah, dan kita bicara juga dengan tokoh senior seperti Said Parman, Said Barakbah, Pak Abdul Malik yang sudah sekelas dunia,” kata Ishak.

Ia menjelaskan, para budayawan Melayu nantinya akan memperbincangkan kebesaran-kebesaran Melayu masa lalu saat dipimpin Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS).

Baca Juga :  Perkara Ratusan Mikol Segera Sidang

SMRS merupakan salah satu Sultan di Kerajaan Lingga-Riau-Johor-Pahang, yang diajukan sebagai Pahlawan Nasional dari Kabupaten Lingga.

Sejarah SMRS membesarkan kerajaan dari Bintan ke Lingga, dengan serba kekurangan dan tekanan dari penjajah bisa berkomunikasi dengan bangsa lain baik dalam urusan perdagangannya dengan Rafles.

”Intinya, kondisi saat ini lebih hebat dari zaman dahulu. Ketika zaman Sultan Mahmud, bisa komunikasi ke negara lain. Apalagi di zaman kita yang sudah maju seperti ini. Lingga punya sejarah itu,” terang Ishak, yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Lingga.

Baca Juga :  Warga Minta Fungsikan Pasar Pancur

Tamadun Melayu antar Bangsa ini, juga menjadi ajang promosi kebudayaan di Lingga. Dengan segala potensi yang dimiliki, ke depannya dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

”Bupati Lingga Alias Wello juga berharap, perhelatan Tamadun Melayu tersebut dapat dilakukan empat tahun sekali,” ucapnya.

Negara-negara serumpun yang diundang pada perhelatan tersebut diantaranya Malaysia, Singapura, Thailand, Philipina, Vietnam, Kamboja hingga Madagaskar. Sementara, untuk di dalam negeri dari Sabang sampai Marauke akan diundang.

”Wakil Presiden RI Yusuf Kalla telah dijemput Bupati Lingga untuk bersedia membuka acara ini,” imbuhnya. Untuk itu, ia berharap segala sesuatunya yang sedang dipersiapkan berlangsung lancar. Sehingga, perhelatan Tamadun Melayu kali ini berlangsung meriah di hadapan para tamu yaitu budayawan Melayu dari seluruh dunia.(Tengku Irwansyah)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here