Bulan Ini, Sudah Bisa Lelang Proyek

0
70
PROYEK pembangunan pintu gerbang Jembatan 1 Dompak. f-suhardi/tanjungpinang pos

Ketika APBD Kepri 2019 Cepat Disepakati

Pengesahan APBD Kepri tahun 2018 (untuk 2019) tergolong paling cepat kurun waktu lima tahun terakhir. Pemprov dan DPRD Kepri bekerja sesuai target pengesahan APBD 2019 dilakukan paling lambat akhir November lalu.

TANJUNGPINANG – Dengan cepatnya pengesahan ini, maka proses lelang sejumlah proyek sudah bisa mulai lelang akhir tahun ini. Kini, APBD Kepri sedang dievaluasi pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

”Kita berharap bulan Desember ini sudah selesai. Sehingga minggu ketiga atau keempat bulan ini juga sudah bisa melakukan proses pelelangan,” kata TS Arif Fadillah, Sekdaprov Kepri di Tanjungpinang, kemarin.

Arif berharap, evaluasi dan pemeriksaan APBD Kepri 2019 oleh Kemendagri tidak akan ada masalah, sehingga akan segera disahkan.

Ia juga berharap, anggaran pusat yang sudah diplotkan dan sudah dimasukkan di APBD Kepri 2019 sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tidak ada perubahan lagi.

Memang, tambahnya, sistem anggaran pusat itu sifatnya dinamis. Bisa berubah-ubah setiap waktu. Namun, perubahan anggaran pusat ke daerah itu lebih cenderung naik dibandingkan bila perubahan turun.

”PMK selama ini cenderung naik bila mengalami perubahan. Kita berharap justru akan ada kenaikan dari yang telah kita tetapkan itu,” ujarnya. Perlu diketahui, tambahnya, bahwa angka APBD murni ini merupakan angka prediksi, karena belum pasti dikarenakan bisa berubah-ubah dan untuk angka pastinya akan diketahui saat APBD Perubahan.

Bila nantinya ada perubahan anggaran dari pusat, dirinya menyakini tidak akan menyebabkan defisit. Sebab, angka itu audah dihitung dengan matang dan dalam menetapkannya sesuai nilai angka terendah.

”Bila ada perubahan dan jumlahnya tidak terlalu rendah, maka mudah-mudahan nantinya tidak akan terjadi defisit. Memang untuk saat ini belum bisa dipastikan apakah defisit atau tidaknya,” terangnya.

Mantan Sekda Karimun ini juga menerangkan, bahwa Pemprov Kepri tidak hanya mengurusi APBD Provinsi Kepri semata, tetapi membantu melakukan evaluasi APBD TA 2019 kabupaten/kota. Yang melakukan evaluasi dan pemeriksaan APBD kabupaten/kota ini dilakukan oleh tim tersendiri dan dibantu oleh Asisten III Pemprov Kepri, BPKAD dan tim ini jumlahnya ada 10 orang.

”Untuk melakukan evalusi APBD 2019 kabupaten/kota kita libatkan juga TAPD kabupaten/kota, sehingga akan sinkron dan bila ada yang harus diperbaiki bisa langsung dibahas dan diselesaikan,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan, APBD 2019 kabupaten/kota akan selsai sesuai jadwal, sehingga nantinya bisa langsung bergerak dan bisa melakukan pelelangan untuk penganggaran di 2019.

”Bila sudah disetujui dan disahkan APBD kabupaten/kota ini, maka kita akan sama-sama berjalan untuk melakukan pembangunan dan menjalankan program lainnya tahun 2019 itu,” harapnya lagi.(SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here