Bulan Puasa Tak Pengaruhi Penghasilan Penambang

0
686
Boat: Para penumpang menaiki boat di Pelantar II.f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Di bulan Ramadan, aktivitas para penambang di Pelantar II tetap berjalan lancar. Yaitu dengan mengantar penumpang atau barang ke kapal-kapal tujuan pulau yang melabuh jangkar di tengah laut.

”Penumpang ke kampung bugis Rp 3 ribu, kalau ke kapal-kapal itu Rp 10 hingga Rp 15 ribu per orang,” ujar Agus salah satu penambang boat Pelantar II.

Menurutnya, pendapatan tidak berpengaruh, sebab masih ada penumpang yang diantarakan ke pulau Bayan atau ke kapal yang berlabuh di tengah laut. Meski harus diakui di bulan puasa pengguna jasa boat menuju ke Kampung Bugis agak berkurang dari hari biasanya. Apalagi sekarang sudah memasuki musim panas para penumpang jarang mau naik boat.

Baca Juga :  Pertunjukan Musik Angklung Hibur Pengunjung Taman

”Sudah empat hari panas, penumpang paling banyak satu boat 6 hingga 8 orang saja,” katanya Rabu (7/6). Eko juga penambang mengaku, jika sesekali mengantar penumpang ke pulau lain seperti ke Pulau Bayan dengan jarak tempuh sekitar waktu 10 hingga 15 menit dengan ongkos Rp 15 ribu per orang.

”Bahkan kami penambang mengantar barang sembako ke kapal barang yang berlabuh ditengah laut untuk kebutuhan mereka,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, dalam sehari, bisa mengantar penumpang atau barang sekitar enam sampai tujuh kali per hari. Bahkan masih ada penumpang di malam hari jika mau menunggu. Biasanya para karyawan kapal ingin kembali ke kapalnya setelah melakukan perjalanan di daerat atau Tanjungpinang.

Baca Juga :  Sumur Kering, 260 Galon Air Dibagikan

”Kadang saya masih menunggu penumpang sampai malam, biasnaya para awak kapal,” paparnya. Ditanyakan dengan life jaket, kedua penambang ini mengaku, ada cuman kondisinya sekarang sudah lapuk.

Di setiap kapal boat hanya tersedia 2 sampai 3 life jacket bahkan ada yang tidak mempunyai. ”Kalau bergantian pemakaiannya tidak terburu oleh waktu,” jelasnya. Mereka mengharapkan, kepada pemerintah untuk membantu life jacket sesuai dengan kebutuhan. Para penambang mengaku kekurangan karena yang tersedia hanya 20 unit. (cr27)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here