Bulog Distribusikan Beras Raskin ke e-Warong

0
145
Buruh Pelabuhan Batu Enam Tanjungpinang saat membongkar beras Bulog dari kapal. f-adly bara /tanjungpinang pos

Mulai 1 Februari, Badan Urusan Logistik (Bulog) Kota Tanjungpinang siap memenuhi permintaan sembako dari pemilik Warung Elektronik (e-Warong) ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Kamis, (1/2) besok, Bulog tidak lagi mengirim beras raskim ke Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang. Hal ini diungkapkan Kepala Bulog Sub Drive, Jaka Santoso, kemarin.

”Warga yang menerima beras raskin selama ini tidak lagi mengambil beras di kantor kelurahan tapi mereka membeli beras Bulog di e-Warong,” kata Jaka Santoso, kemarin.

Selama ini, sambung dia, Perum Bulog mendistribusikan beras raskin sebanyak 84.500 kilo per bulan. Beras jenis medium. Sesuai catatan dari Pemko ada 8.450 jiwa penerima beras Raskin. Setiap jiwa menerima beras seberat 10 kilo per bulan. ”Dulu warga tinggal mengambil beras raskin di kantor kelurahan kalau sekarang warga langsung membeli sendiri di tempat-tempat yang sudah ditentukan Pemko,” tegasnya.

Alasannya, sambung dia karena adanya perubahan sistem program penyaluran beras raskin dari pemerintah untuk membantu masyarakat miskin. Program bantuan pangan nontunai akan mulai berlangsung Februari sampai dengan Desember 2018.

Sistemnya, masyarakat sudah tidak lagi membeli beras menggunakan uang tunai lagi. Jadi, masyarakat cukup menggunakan kartu gesek, yaitu ATM. Penggunaan kartu ATM melibatkan perbankan yang telah diajak kerjasama dengan pemerintah.

”Uang sebesar Rp 110 ribu itu berada di ATM itu. Uang itulah untuk membeli sembako di e-Warong nanti,” terang dia.

Kelebihan program bantuan pangan nontunai, lanjut dia, masyarakat bisa memilih tiga jenis komoditi yang sudah diterapkan oleh pemerintah. Ada beras, gula dan minyak goreng. Tiga jenis komoditi disediakan oleh pihak Bulog.

”Nanti, kita kirim beras, gula dan minyak goreng ke e-Warong,” ucap dia.

E-Warong itu, katanya, dikelola oleh masyarakat yang sudah dibentuk oleh Dinas Sosial (Dinsos) Pemko Tanjungpinang. Informasi yang ia terima, baru ada sekitar 12 e-Warung yang akan melayani dan menjalani program bantuan pangan nontunai.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here