BUMD Jera Jual Beras Murah

0
538
MASYARAKAT berkumpul saat acara pembukaan bazar sembako murah di Bengkong, belum lama ini. f-martua/tanjungpinang pos

Minta Subsidi Pemko Batam

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemko Batam, PT Pembangunan Batam, enggan ikut dalam pengadaan sembako karena keterbatasan dana.

BATAM – Sementara sembako murah untuk masyarakat kurang mampu, BUMD Batam mengaku tidak ikut karena merugi. Kecuali, ada subsidi dari Pemko Batam kepada BUMD, sehingga ada keuntungan yang diperoleh.

Direktur BUMD Batam, Hari Basuki, Kamis (22/2) mengatakan, tahun lalu mereka ikut dalam bazar sembako murah. Keterlibatan mereka dalam bazar, karena masuk dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Namun dari kegiatan itu, mereka merugi.

Baca Juga :  Nurdin Apresiasi Kinerja Rudi-Amsakar

”Kita juga anggota TPID. Tahun lalu juga gitu. Yang kemarin di kecamatan-kecamatan kita bareng, waktu bazar-bazar itu. Rugi saya (BUMD),” katanya.

Berangkat dari pengalaman itu, terlihat BUMD enggan terlibat tahun ini. Alasannya, mereka sebagai BUMD, menjalankan usaha atau bisnis, walau tetap untuk membantu masyarakat. ”Pokoknya jual murah, mana ada untung. Kita bisnis, harus realistis. Kalau tidak untung ngapain ikut,” cetusnya.

Namun mereka masih membuka peluang ikut dalam bazar sembako, jika ada subsidi dari Pemko Batam untuk mereka. Tanpa subsidi, mereka sulit masuk pasar. Di sisi lain, untuk mengharapkan subsidi pemerintah ke BUMD, diakui sulit karena anggaran pemerintah terbatas.

Baca Juga :  Xiaomi dan Suplier Jajaki Investasi

”Sekarang mekanisme pasar, kita harus reaslistis, kalau menjual beras atau sembako murah, harus ada subsidi dari pemerintah. Kecuali pemerintah memberikan modal, khusus untuk sembako murah. Kalau nggak, bagaimana mempertanggungjawabkan (tugas). Wong modal dikasih hanya Rp 2 miliar,” imbuhnya.

Ke depan, partisipasi BUMD yang terbuka diakui untuk mendatangkan (jadi distributor) bawang dan bahan pokok lainnya. Namun mereka masih menunggu ada gudang penyimpanan tersedia.

”Kita arahnya untuk membawa bawang, kalau gudang ada. Kalau gudang penyimpanan, urusan Pemko,” bebernya mengakhiri. Setiap tahun Pemko menyediakan puluhan ribu paket sembako murah.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here