BUMDes Harus Jadi Prioritas di Desa

0
662

KARIMUN – DARI 42 desa yang ada, hanya 17 desa yang memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pemerintah pusat setiap tahunnya, mengucurkan anggaran yang tidak sedikit untuk setiap desa yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan. Tentunya, desa bisa menggali potensi dengan memanfaatkan adanya BUMdes tersebut.

”Ada atau tidaknya BUMDes di suatu desa, bukan menjadi keharusan yang menerima Dana Desa. Namun BUMDes merupakan prioritas, bagi pihak Kementerian Desa,” ujar Suwedi, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karimun, kemarin.

Ia menjelaskan, dari beberapa rapat koordinasi yang digelar bersama pihak Kementerian Desa. BUMDes merupakan jalamn utama untuk memberikan mafaat bagi desa dan masyarakatnya.

”Dengan adanya BUMDes, makan desa akan mandiri dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam yang dimiliki. Seperti menggarap beberapa sektor yang mampu menghasilkan pendapatan dengan melibatkan masyarakat,” sebut Suwedi.

Ia mengungkapkan, 17 desa yang telah memiliki BUMDes tersebut telah dilaporkan kepada Kementerian Desa. Tata cara pembentukannya, dapat dilakukan oleh aparat desa.

Sehingga, sangat terbuka untuk masyarakat di desa tersebut untuk memimpin BUMDes. Dengan demikian, kesempatan desa sangat terbuka dalam memanfaatkan potensi wilayahnya. Seperti halnya pariwisata, dengan memanfaatkan kunjungan wisatawan yang berdatangan. Selain itu, sektor industri kecil yang memanfaatkan potensi perkebunan.

”Jenis-jenis usaha yangh di jalankan BUMDes, tentunya sangat bermacam-macam. Dengan bekerja sama melalui pihak perbankan, perkebunan, budidaya perikanan serta kuliner khas hingga menjual air bersih. Untuk itu, apa pun potensinya sangat bisa dimanfaatkan untuk menambahpendapatan desa dan mensejahterakan masyarakat desa itu sendiri,” ungkapnya.

Suwedi berharap, dari 17 desa yang memiliki BUMDes akan terbentuk di desa-desa lainnyayang belum memiliki BUMDes. Sebab, dengan adanya BUMDes akan mendapatkan nilai tambah oleh pihak Kewmenterian Desa.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here