Bundaran Dompak Ada Air Mancur

0
1571
DED: Inilah DED pembangunan bundaran I Pulau Dompak. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun berusaha menepati janjinya untuk menyulap Pulau Dompak menjadi kawasan yang menarik. Meski tak bisa dilakukan tahun ini, namun tahun 2018 nanti sejumlah titik di Pulau Dompak terutama bundaran sudah dipercantik. Berdasarkan skema Detail Engineering Design (DED) yang beredar di media sosial, bundaran I dari arah Jembatan 1 Dompak akan dibangun gapura logo Pemprov Kepri dilengkapi air mancur.

Kemudian akan dibangun tempat duduk beserta taman. Warga pun berharap, apa yang dibangun sesuai dengan gambar DED tersebut. Saat ini Pemprov Kepri melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) sudah selesai membuat skema DED itu.

Pantauan wartawan koran ini di lapangan, di sekitar bundaran tersebut sudah mulai dikerjakan. Pengerjaannya tak hanya fokus di bundaran, melainkan juga jalan raya yang tampak sudah mulai kinclong, serta taman dan trotoar yang terus dikerjakan secara simultan.

Kepada Tanjungpinang Pos, Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyampaikan, pihaknya saat ini tetap meminta Dinas PU untuk serius memantau pelaksanaan proyek Bundaran I tersebut. ”Pengerjaannya dilakukan dua tahap, sampai dengan 2018. Insyallah, sudah siap dibangun. Lengkap dengan taman, dan berbagai ikon lainnya,” tegas Gubernur Nurdin.

Lebih lanjut Nurdin menambahkan, untuk pengerjaan proyek yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 8 miliar itu, Pemprov menggandeng pihak swasta antara lain Bank Danamon serta Bank Riau Kepri. ”Kita minta kerja sama mereka, karena ini kalau dikerjakan sendiri berat,” beber Nurdin.

Tak tanggung-tanggung, menurut mantan bupati Karimun dua periode itu, bundaran yang rencana akan dibangun monumen lambang Pemprov itu, akan lebih megah. Ia memperkirakan, untuk ketinggian monumen tersebut lebih kurang mencapai 17 meter ke atas. Sedangkan lebarnya, variasi menyesuaikan dengan lingkungan. ”Kita minta kontraktor dan Dinas PU serius membangun ini, karena salah satu ikon supaya masyarakat Kepri lebih mengenal Dompak. Kita ingin ke depan Pulau Dompak ini ramai dengan aktivitas warga dan terang benderang,” ujar Nurdin.

Sebelumnya, Kepala Biro Administrasi Layanan Pengadaan Provinsi Kepri, Misbardi, menyampaikan, pengerjaan Bundaran Dompak itu khusus APBD Kepri 2017, hanya fokus pada struktur bangunannya. Belum sepenuhnya jadi dan dibuka untuk umum. Di tahun 2018, pengerjaan lanjutan akan dikerjakan dengan kontraktor dan anggaran yang diajukan khusus untuk tahun 2018. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here