Bupati Ajak Tingkatkan Syiar Agama

0
287
BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersama Wagub Kepri Isdianto, Wabup H Dalmasri Syam memukul bedug, saat membuka lomba MTQ ke-VIII Kabupaten Bintan di Masjid Baitul Makmur, Tanjunguban, Sabtu (14/4) malam lalu. F-ISTIMEWA/kominfo bintan

Wagub dan 267 Qari/Qariah Ramaikan MTQ Bintan

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi meminta semua pihak untuk meningkatkan syiar agama, pendidikan agama dan wisata religi, dari pelaksanaan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-VIII Bintan. Pembukaan MTQ Kabupaten Bintan sekaligus peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW ini, turut dihadiri Wagub Kepri Isdianto dan 267 qari/qariah, Sabtu (14/4) malam.

Menurut bupati, dengan pendidikan agama maka karakter masyarakat akan menjadi lebih baik lagi. Selain itu, Kabupaten Bintan yang merupakan wilayah sektor pariwisata harus menjadi wilayah tujuan wisata terbaik.

”Termasuk wisata budaya dan religi seperti pelaksanaan MTQ ke-VIII yang diselenggarakan mulai tanggal 14 hingga 18 April mendatang ini. Syiar agama terus kita tingkatkan,” pesan H Apri Sujadi, saat membuka MTQ di Masjid Baitul Makmur, Sabtu malam lalu.

Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan bedug, bersama Wakil Gubernur Kepri Isdianto, Ketua LPTQ Bintan H Dalmasri Syam, Sekda Adi Prihantara, FKPD, Ketua TP PKK Bintan Hj Deby Maryanti Apri, dan sejumlah kepala OPD. Dalam kesempatan ini, Kyai Haji Abdul Wahab Sinambela memberikan tausiah agama, dalam rangka memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

Kepada seluruh peserta, Apri berpesan agar dapat memberikan kemampuan terbaik pada MTQ tersebut, menurutnya dengan hasil terbaik di MTQ tingkat kabupaten ini, Bintan dapat tampil dengan baik di MTQ tingkat Provinsi pada Juni mendatang.

Untuk meningkatkan minta baca dan belajar Alquran, ia juga mengajak masyarakat untuk mendukung program pemerintah seperti program rumah tahfiz yang akan terus digalakkan setiap tahunnya. Ia juga akan mengupayakan di setiap kecamatan akan dibangun rumah tahfidz.

”Tahun ini, kita sudah membangun rumah tahfiz di tiga kecamatan. Kita berharap, masyarakat dapat terus memberikan dukungannya kepada Pemkab Bintan,” harapnya.

Ketua Panitia Pelaksana lomba MTQ Kabupaten Bintan Mardhiah menyampaikan, MTQ tingkat Kabupaten Bintan dilaksanakan diikuti 267 peserta dari 10 kecamatan, yang terbagi dalam 23 cabang perlombaan. Para pemenang akan mewakili Kabupaten Bintan ke tingkat Provinsi Kepri, di Daik Lingga, Juni 2018 mendatang.

Pawai Taaruf
Sebelum pembukaan, 267 qari/qariah dan 6 ribuan rombongan kafilah kecamatan turut memeriahkan pawai taaruf, pembukaan MTQ Kabupaten Bintan, di Tanjunguban, Sabtu (14/4) pagi. Pawai taaruf meriah dengan penampila pelbagai atraksi seni dan budaya khas Melayu Bintan.

Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Wabup kagum dengan penampilan atraksi tersebut. Mulai dari penampilan opera makyong, silat tradisional Melayu, kuda kepang, marching band, drumband, sampai dengan pertunjukan manusia tertinggi dengan menggunakan peralatan enggrang. Selain itu, rombongan kafilah juga membawa ornamen Alquran raksasa, masjid raya dan miniatur keagamaan.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, pawai taaruf pembukan MTQ ini bukan hanya seremonial. Tapi bagaimana meningkatkan iman taqwa serta syiar agama Islam. ”Acara ini adalah agenda tahunan, tapi kita harus memaknai lebih dalam. MTQ ini adalah sebagai syiar Islam,” kata H Apri Sujadi.

Untuk pelaksanaan MTQ ke-8 Kabupaten Bintan, bupati berpesan agar dewan hakim atau dewan juri, bertindak profesional dan jujur. Sehingga, bisa mengembangkan potensi anak Bintan, terutama di cabang tilawah. (YENDI-JENDARAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here