Bupati Bangka Tengah Belajar ke Karimun

0
244
BUPATI Karimun Aunur Rafiq dan Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh bertukar cinderamata usai pertemuan dirumah dinas kediaman Bupati Karimun, Rabu (11/4). F-ISTIMEWA

KARIMUN – Bupati Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung bewrkunjung ke Kabupaten Karimun dan bertemu Bupati Aunur Rafiq di kediamannya, Rabu (11/4). Kehadiran Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh dan rombongan, diterima Aunur Rafiq bersama Sekda Karimun M Firmansyah. Kehadiran rombongan Pemkab Banga Tengah, dalam rangka belajar tentang pembangunan kawasan pesisir.

Pada kesempatan itu Aunur Rafiq memaparkan, tentang capaian pembangunan Kabupaten Karimun sejak dimekarkan dari Kabupaten tahun 1999 bersamaan dengan kabupaten/kota lainnya menjadi daerah otonom baru.

”Pembicaraan dengan Bupati Bangka Tengah tentang penggemukan sapi, untuk mewujudkan Kabupaten Karimun swasembada. Sehingga, produksi daging segar sapi dapat mengurangi ketergantungan dengan daerah luar. Minimal 50 persen dipasok peternak lokal, dan harga daging bisa ditekan,” kata Aunur Rafiq, kemarin.

Kemudian, sebagai daerah yang sama mengandalkan PAD dari sektor pertambangan. Ke depan harus dipikirkan bagaimana mengelola daerah setelah tambang tidak beroperasi. Sebab, tidak selamanya hasil tambang menjadi andalan untuk mendapatkan PAD.

Dengan mengandalkan peternakan, perikanan dan perkebunan sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi dan Kabupaten Bangka Tengah mampu bangkit setelah tambang timah tidak ada.

Ibnu Saleh mengapresiasi Kabupaten Karimun, yang langsung membangun insfratruktur jalan dan pelabuhan, bandara untuk mendorong investasi. Dengan daerah yang berbatasan langsung dengan dua negara tetangga, Kabupaten Karimun dapat mempersiapkan kawasan industri.

”Tidak salah kalau kami belajar dengan Karimun bagaimana caranya mendatangkan investasi. Saat ini, di Bangka Tengah sedang berjalan pembangunan sektor kemaritiman di antara pembangunan pelabuhan internasional di Kecamatan Lubuk Besar,” terang Ibnu Soleh.

Saat ini, mereka fokus pada pembenganan perkebunan lada, sawit, dan karet. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here