Bupati Bintan Gandeng Menteri

0
562
BUPATI Bintan H Apri Sujadi melepas peserta Tour de Bintan, disaksikan MenPAN-RB Asman Abnur, Kapolda, Kajati, Wabup H Dalmasri Syam, Sabtu.F-yendi/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi akan menggandeng Menteria Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, untuk mencari solusi penanganan limbah sludge oil, yang mencemari pantai pariwisata Bintan. Selain itu, bupati juga terus menggandeng kementerian dalam pengembangan pariwisata, seperti event Tour de Bintan.

Menurut H Apri Sujadi, sektor pariwisata terus menjadi perhatian utama Pemkab Bintan. Terutama dalam melaksanakan event internasional, seperti Tour de Bintan yang dilaksanakan, Sabtu (24/3) sampai dengan, Minggu (25/3) kemarin. Saat ini, ada 1.200-an peserta dari 48 negara, yang mengikuti balap sepeda internasional ini. Jumlah ini peserta terbanyak dari lomba balap sepeda yang dilaksanakan di Indonesia.

H Apri Sujadi menyebutkan, ada sekitar 7.000 kunjungan yang hadir di event Tour de Bintan 2018 ini. Pendapatan daerah sekitar Rp 7 miliar. Event ini terus ditingkatkan, guna mendongkrak pendapatan daerah. Apalagi, di ajang Tour de Bintan ini mempertandingkan seri grand fondo internasional. Pemenangnya, melanjutkan ke seri internasional championship di Italia, Agustus mendatang.

Baca Juga :  Korsleting, Kasur dan Lemari Hangus Terbakar

”Ini jadi kebanggaan bagi Bintan dan Kepri, serta Indonesia. Makanya, kita terus menggandeng pihak pusat melalui menteri. Tahun 2019 nanti, kita akan cari lokasi yang bisa menjadi tempat start lomba. Jadi, tidak di Simpang Lagoi saja,” jelas H Apri Sujadi.

Namun, dari kesuksesan lomba Tour de Bintan 2018 ini, Pemkab Bintan menghadapi masalah tentang pariwisata lainnya. Yaitu persoalan limbah yang mencemari pantai di Bintan.

”Kami meminta bantuan pemerintah pusat, agar permasalahan ini dapat ditangani secara berkelanjutan dan dicegah. Tidak mudah, tetapi ini sudah dilakukan dan akan berdampak pada jangka panjang,” kata H Apri Sujadi, saat memberikan keterangan di sela pembukaan Tour de Bintan, Sabtu (24/3) lalu.

Selain itu, lanjut bupati, Pemkab Bintan sudah berkoordinasi dengan pengelola resor, dan komunitas pecinta alam untuk bersama turun ke lapangan, guna membersihan limbah sludge oil tersebut. Bupati Bintan berjanji, penanganan limbah menjadi prioritas, karena sangat berpengaruh pada sektor pariwisata Bintan. ”Kita juga akan menggandeng Pak MenPAN-RB,” jelas H Apri Sujadi.

Baca Juga :  Kapal Berbendera Kepulauan Marshall Kandas di Bintan

MenPAN-RB RI Asman Abnur juga berjanji akan membantu mencari solusi, dalam penanganan limbah minyak hitam yang menyerang kawasan wisata Bintan, di Lagoi dan Trikora. Sebagai pejabat pemerintah pusat asal Kepri, Asman akan menyampaikan langsung permasalahan ini ke rekan sejawatnya, yaitu Menteri Lingkungan Hidup.

”Ya sebagai anak Bintan saya juga prihatin, ini akan segera saya sampaikan agar pihak terkait memberikan solusi penanganan dan pencegahan limbah minyak hitam tersebut,” ucapnya.

Ia mengatakan, permasalahan inisangat serius, karena menyangkut popularitas pariwisata Bintan di mata dunia. Apalagi sektor pariwisata menjadi andalan bagi Bintan, dalam pengumpulan PAD.

Baca Juga :  Gunung Kijang Tuan Rumah MTQ 2017 Kabupaten Bintan

Di lain hal, MenPAN RB menyampaikan, dari lapiran UCI, lomba kelas grand fondo world championship series ini, hanya ada 2 di Asia, yaitu di Dubai dan Tour de Bintan. ”Makanya kita dorong bersama Tour de Bintan ini, jaga keamanan, jaga pariwisata dan tingkatkan persatuan,” pesan Asman Abnur.

Tour de Bintan 2018 dibuka secara resmi oleh MenPAN RB Asman Abnur dan Bupati Bintan H Apri Sujadi, dihadiri Kajati, Kapolda, Kadispora Kepri Maifrizon mewakili Gubernur Kepri, Kementerian Pariwisata RI, Wabup H Dalmasri Syam, Sekda Adi Prihantara, dan sejumlah OPD, serta manajemen PT BRC Lagoi.(yendi – jendaras)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here