Bupati Bintan Lobi Dirjen Hubla RI

0
762
TEMUI DIRJEN: Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama Kadishub Yandrisyah menemui dan berdialog dengan Plt Dirjen Hubla Kemehub RI Bhay M Hasani, di Jakarta, Rabu (6/9) kemarin. f-istimewa/kominfo bintan

Pengoperasian Pelabuhan Berakit dan Bongkar Muat Teluksasah

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersama Kepala Dinas Perhubungan Bintan Yandrisyah, melobi Plt Dirjen Hubla Kemenhub RI, untuk pengoperasian pelabuhan internasional Berakit, di Jakarta, Rabu (6/9) kemarin. Selain itu, Pemkab Bintan juga meminta anggaran untuk pembangunan pelabuhan bongkar muat di Teluksasah, pengembangan pelabuhan Kijang, serta pembentukan UPTD Dishub di Kecamatan Tambelan.

Bupati dan Kadishub Bintan langsung menemui Plt Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI, Capt Bay M Hasani di gedung Kemenhub Jakarta Pusat. ”Pembangunan sarana itu prioritas di Pemkab Bintan. Ini merupakan bagian wujud keseriusan Pemkab Bintan bersama pemerintah pusat juga. Karena anggaran di daerah tak ada, ya kita lobi Dirjen Hubla RI,” kata H Apri Sujadi, Bupati Bintan saat dihubungi usai pertemuan dan Plt Dirjen Hubla RI, Bay M Hasani.

Baca Juga :  Disnakertrans Kepri Ingin Dirikan UPT di Bintan

H Apri Sujadi menjelaskan, studi kelayakan pembangunan pelabuhan bongkar muat di Teluksasah, master plan, studi lingkungan (UKL-UPL) serta DED telah diserahkan ke Kemenhub RI. Pembangunan pelabuhan bongkar muat Teluksasah sudah masuk dalam Rencana Induk Pelabuhan (RIP) nasional. Pelabuhan seluas 6 hektare ini bakal dibangun pada tahun 2018, dengan anggaran Rp 300 miliar dari APBN. ”Makanya, kita terus koordinasi dengan pusat, untuk mendorong program pembangunan sarana ini. Termasuk untuk pengoperasian pelabuhan Berakit, sangat mendorong di sektor pariwisata ke depannya,” harap H Apri Sujadi.

Baca Juga :  PMD Fasilitasi BUMDes Sektor Peternakan

Plt Dirjen Hubla Kemenhub RI Bay M Hasani menyampaikan, pembangunan beberapa pelabuhan di wilayah Kepri, terutama di Kabupaten Bintan akan menjadi perhatian khusus pemerintah pusat. Karena, wilayah Kepri strategis dan berbatasan dengan negara tetangga.

Bay M Hasani juga menyambut baik dengan usulan pembentukan Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Dinas Perhubungan di Kecamatan Tambelan. Mantan Kepala Syahbandar Kijang ini mengatakan, UPTD di Tambelan itu penting. Karena sudah ada pelabuhan penumpang dan pelabuhan roll on roll Off (roro). Apalagi, di tahun 2019 mendatang, pembangunan bandara Tambelan akan rampung dan sudah bisa beroperasi. ”Beberapa proyeksi usulan pembangunan tentunya akan kita dukung,” tegas Bay M Hasani.

Baca Juga :  Kondisi Sehat, Stok Ayam di Bintan Mencukupi

Kadishub Bintan menerangkan, pelabuhan Teluksasah berfungsi untuk melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri, alih muat angkutan laut dalam negeri, serta menjadi pusat pengumpan bagi pelabuhan utama dan pelabuhan pengumpul lainnya. ”Pelabuhan internasional Berakit juga perlu secepatnya dioperasikan. Sehingga, mendorong untuk peningkatan sektor pariwisata. Baik untuk kunjungan turis, maupun masuknya investasi,” tambah Yandrisyah.(YENDI-JENDARAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here