Bupati Buka MTQ ke-5 di Tingkat Kecamatan Matak

0
817
BUPATI Anambas Abdul Haris SH ketika memukul bedug tanda dibukanya MTQ ke-5 tingkat Kecamatan Palmatak, Rabu (14/2).F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris SH secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-5, untuk tingkat Kecamatan Palmatak yang digelar di Desa Matak, Rabu (14/2).

Selain itu, orang nomor satu tersebut juga membuka stan kuliner dan lainnya. MTQ di samping dapat mensiarkan agama Islam, juga menjadi ajang silaturahmi sesama umat Islam. Sebelumnya, pembukaan dilantunkan ayat Suci Alquran yang dibacakan Ali Mukhsin.

Menariknya, pada kegiatan tersebut 15 kepala desa yang ada di kecamatan tersebut menyampaikan laporannya satu per satu kepada bupati. Dalam sambutannya, Haris mengatakan, MTQ tingkat kecamatan merupakan rangkaian kegiatan sebelum dilaksanakannya MTQ tingkat kabupaten.

Baca Juga :  UMK Anambas 2020 Masuk Kategori Tertinggi

Rencananya, MTQ kabupaten yang akan dilaksanakan pada bulan Mei di Kecamatan Jemaja Timur mendatang. ”Ini merupakan seleksi untuk mencari bibit muda berbakat untuk MTQ tingkat kabupaten dan Provinsi nanti,” kata Haris, Rabu (14/2).

Haris sangat gembira, karena terdapat dua desa yang ada di Kecamatan Palmatak memiliki ustaz sendiri yakni Desa Piasan dan Desa Ladan untuk memberikan ilmu agama khususnya ilmu Alquran dan memperdalamnya. Sehingga, untuk menghafal Alquran 5 Juz tidak menjadi permasalahan di Anambas.

”Pemerintah Daerah akan berupaya mendatangkan ustaz, agar dapat melakukan pembinaan keagamaan kepada anak-anak kita,” terangnya.

Baca Juga :  Pembangunan Desa Terus Digesa

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ Tingkat Kecamatan Palmatak Redo Lithrony Fourty Grav mengatakan, MTQ ke 5 tingkat Kecamatan Palmatak diikuti 15 desa. Kegiatan itu dilaksanakan mulai dari tanggal (14/2) hingga berakhir pada Jumat (16/2).

Sedangkan pertandingan dam perlombaan yang dilaksanakan lanjut pria yang juga menjabat sebagai Sekcam Palmatak itu antara lain yakni Tartil Quran, Syahril Quran, Hifzil Quran lima Juz, Qasidah,Rebana, Lomba Kuliner dan Miniatur Masjid. ”Total peserta sebanyak 280 orang dari 15 desa yang ada di Kecamatan Palmatak. Dengan cabang yang diperlombakan 26 cabang,” jelas Redo.

Baca Juga :  Dukung Ketahanan Pangan, Petani Tanam Pala

Camat Palmatak Radja Almijan mengatakan, MTQ ke-5 ini merupakan pesiapan Kecamatan Palmatak dalam mencari bibit untuk ikut serta dalam MTQ Tingkat Kabupaten, Mei mendatang. ”Saya sangat berharap MTQ berjalan dengan baik dan pemenang nanti dapat mewakili Palmatak di MTQ tingkat kabupaten kelak,” imbuhnya. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here