Bupati Cari Lahan Pembangunan TPI

0
775
TINJAU DERMAGA: Bupati Bintan H Apri Sujadi, Kepala Kimpraswil Herry Wahyu meninjau dermaga di pesisir Kelurahan Sungaienam, baru-baru ini. F-Yendi/tanjungpinang pos

Pusat Bakal Siapkan Rp 30 Miliar

Bintan – BUPATI Bintan H Apri Sujadi saat ini sedang mencari lahan yang cocok untuk pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Pembangunan TPI itu bakal disiapkan anggaran sekitar Rp 30 miliar oleh pemerintah pusat.

”Ada beberapa lokasi lahan yang sudah kami survei, bersama Kepala Dinas Perikanan Bintan, untuk pembangunan TPI itu. Tapi masih kita cari, lahan yang lebih cocok untuk bangun TPI itu. Lokasinya di wilayah Bintan Timur,” jelas Apri Sujadi, kemarin.

Penetapan lahan untuk pembangunan TPI ini, kata Apri Sujadi, gampang-gampang susah. Karena, lahan untuk pembangunan TPI itu mesti sesuai dengan tata ruang.

Hal itu sesuai dengan permintaan atau ketentuan dari Kementerian Perikanan pusat. Untuk wilayah Bintan, lokasi itu berada di Kelurahan Sungaienam, Kecamatan Bintan Timur.

”Mesti dibahas lagi, lokasi mana yang cocok itu. Sedangkan desain dan DED untuk pembangunan TPI ini, diperlukan anggaran sekitar Rp 30 miliar. Dananya kita gunakan dari bantuan Kementerian Perikanan pusat. Kalau tak terkejar di APBN Perubahan 2017 ini, yang di APBN 2018 mendatang,” sebut Apri Sujadi.

Kepala Dinas Perikanan Bintan Fachrimsyah membenarkan, lokasi pembangunan TPI itu belum ditetapkan.

Tapi, lokasi yang sudah disurvei itu berada di Kampung Batulicin dan Kampung Batuduyung, Kelurahan Sungaienam. Penetapan lokasi ini, tergantung dari kebijakan kepala daerah.

Sedangkan untuk anggaran pembangunannya, lanjut Fachrimsyah, saat ini Pemkab Bintan sudah mengusulkan ke Kementerian Perikanan pusat. Beberapa persyaratan untuk penyediaan anggaran itu, sudah disiapkan.

”Saya sekarang (kemarin-red) berada di Kementerian Perikanan pusat, untuk urusan pembangunan TPI ini. Setelah pulang, saya akan konsultasikan dengan Pak Bupati. Anggaran yang kita usulkan itu, sekitar Rp 30 miliar. Mudah-mudahan 2018 nanti, sudah selesai pembangunan TPI ini,” kata Fachrimsyah.(Yusfreyendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here