Bupati Cetuskan Gerakan Magrib Mengaji

0
73
BUPATI Bintan H Apri Sujadi turut gembira ketika menyaksikan ratusan santri melempar toga, usai wisuda di Toapaya, belum lama ini. f-istimewa

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi akan mencetuskan gerakan magrib mengaji, pada saat peringatan Hari Santri Nasional, Senin (22/10) ini. Pencetusan gerakan magrib mengaji tersebut bakal diluncurkan (launching) di depan 3 ribuan santri dan seribuan pengurus TPA/TPQ, di masjid Baitul Makmur Tanjunguban.

Selain launching gerakan magrib mengaji oleh Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama Wakil Bupati H Dalmasri Syam, peringatan Hari Santri Nasional 2018 akan dimeriahkan pawai 3 ribuan santri, wisuda santri, serta pembukaan MTQ santri tingkat Kabupaten Bintan.

Bupati Bintan H Apri Sujadi berharap, agar generasi muda Bintan dapat membangkitkan gemar mengaji yang mulai kendur akibat perkembangan teknologi hape dan media sosial. Padahal, pada masa lampau, di Bintan sering dilaksanakan khataman Alquran oleh anak-anak Bintan.

Saat ini, jelasnya, banyak anak-anak Bintan yang terpengaruh dengan perkembangan tekhnologi. Mulai dari kecanduan game (gadget), media sosial yang lebih banyak menimbulkan dampak mudaratnya. Meski ada hal positifnya.

”Efek buruknya, anak-anak susah diajak ke masjid, apalagi untuk mengaji. Makanya, kita cetuskan gerakan magrib mengaji,” kata H Apri Sujadi, Kamis (18/10) kemarin.

Dengan adanya program ini, jelas H Apri Sujadi, diharapkan anak-anak Bintan membiasakan diri, pergi ke masjid pada waktu magrib untuk salat berjemaah dan mengaji. Tahap awal ini, minimal seminggu sekali.

”Kita akan buatkan buku panduannya. Kita ingin bangkitkan masa-masa khatam Alquran dan mengaktifkan remaja masjid, dari gerakan magrib mengaji ini,” jelas bupati.

Kabag Kesra Setdakab Bintan Lukman menyebutkan, ada sekitar 3.000-an santri yang akan mengikuti pawai, dan diikuti oleh seluruh santri. Mulai dari santri rumah tahfiz, darul Quran, TPA/TPQ se-Kabupaten Bintan, serta 146 santri yang akan diwisuda.

”Di acara ini, Pemkab Bintan akan me-launching program gerakan Bintan magrib mengaji bagi siswa-siswi SD dan SMP sederajat. Program ini, bagian dari usaha pemerintah untuk membangkitkan budaya gemar mengaji,” jelasnya, kemarin. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here