Bupati dan Lion Grup Bahas Penerbangan

0
618
BUPATI Anambas Abdul Haris SH saat memimpin rapat dengan jajaran Lion Grup untuk membahas rute market Batam-Letung PP dengan pesawat Wings Air.f-istimewa

Tim dari perusahaan penerbangan komersil raksasa Lion Air yakni Lion Grup, menemui Bupati dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas untuk pembahas market rute maskapainya yakni Wings Air dari pembukaan rute Batam ke Anambas PP selama satu minggu.

ANAMBAS – Penerbangan Wings Air dipastikan mendarat (Landing) di Bandara Letung pada 10 Agustus mendatang dengan pesawat jenis ATR 72-500/72-600 produksi Prancis. Armada ini memiliki 72 kursi, dengan interior kelas terbaik di kelasnya sehingga menjadikan perjalanan lebih aman.

Area Manager Wings Air Novianti Harahap mengatakan, rute Batam-Anambas-Batam memiliki satu frekuensi terbang setiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Wings Air akan menggunakan nomor IW-1228, bertolak dari Bandara Hang Nadim pukul 12.30 WIB, dan pesawat mendarat pada 13.35 WIB di Bandara Letung Jemaja (LMU). Untuk rute sebaliknya, tetap dilayani pada hari yang sama mengudara pukul 13.55 dari Letung dengan nomo IW1229 dan tiba di Hang Nadim pukul 15.05 WIB.

Baca Juga :  Haris Pimpin Syukuran Kantor Baru Bupati

”Tahap awal dari pembukaan rute Batam ke Anambas PP yaitu tiga kali dalam sepekan, Wings akan terus melakukan pengkajian pasar, apabila market di rute ini tumbuh dengan pesat akan berpeluang bagi Wings Air untuk meningkatkan frekuensi penerbangan,” hal ini disampaikan Novi saat menggelar konfrensi pers di Aula Kantor Bupati, Senin (6/8).

Sementara itu, Operations Director of Wings Air Capt Redi Irawan mengungkapkan, Rencana peresmian rute baru Batam menuju Letung di tahun ini sebagai bagian pengembangan usaha dalam memperkuat konektivitas domestik untuk layanan interdaerah atau antarkota.

Wings Air berkomitmen menyediakan kemudahan akses bagi pengguna jasa penerbangan, dengan mengutamakan konsep saling terhubung yang praktis, mempersingkat waktu tempuh, lebih efektif dan efisien. Bagi masyarakat dan wisatawan yang berasal dari berbagai kota lain, yang akan menuju Kepulauan Anambas dapat singgah terlebih dahulu di Batam.

”Wings Air melihat, Anambas melalui Letung adalah pintu gerbang distribusi barang. Wings Air berupaya dapat membantu dalam percepatan logistik, membuka keterisolasian, serta mendorong pertumbuhan perekonomian daerah,” ujarnya.

Baca Juga :  Salah Nama, Lelang Proyek Ditunda

Lebih lanjut, menurut Capt Redi, Pembukaan rute ini juga memberikan keuntungan semakin mudah bagi penduduk Kepulauan Anambas untuk bepergian ke kota lain dengan transit di Hang Nadim seperti Jakarta, Medan, Pekanbaru, Tanjungpinang, Tanjung Karang, Palembang, Jambi, Pangkalpinang, Bengkulu, Aceh, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Pontianak.

”Kehadiran Wings Air di Anambas tetap diharapkan bisa mendongkrak segmen wisata dan bisnis, sejalan mendukung program pemerintah untuk mendatangkan wisatawan asing ke Indonesia serta menggeliatkan potensi tourism dalam negeri. Karena daerah ini sebagai salah satu dari pengembangan kawasan ekonomi baru nasional,” tukasnya.

Sedangkan Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris SH mengapresiasi akan mendaratnya Wings Air di Bandara Letung.

Haris berkata, karena akan membuka akses konektivitas di Anambas yang fokus dalam mengembangkan pariwisata.

Mendaratnya Wings Air di Bandara Letung Anambas, ada sinergitas yang terbangun dengan baik dan bersama-sama berupaya meningkatkan konektivitas yang semakin baik. Menurut Haris, daerah yang ingin maju pariwisatanya harus membangun konektivitas jika tidak akan lamban berkembang.

Baca Juga :  Disparbud Optimis Kembangkan Pariwisata

”Dengan adanya maskapai Wings Air saat ini, adalah bagaimana menciptakan Anambas menjadi tujuan wisata yang memiliki kesibukan yang tinggi. Saya juga berharap, jika Wings kuat kedepan penumpang akan penuh dan semakin ramai. Apabila ada persoalan segera koordinasikan ke pemerintah, agar dicari solusi terbaiknya,” tukasnya.

Ariadi Widiawan Kasatpel Bandara Letung menuturkan, butuh waktu 1 tahun dalam menghadirkan Wings Air ke Anambas. ”Mendaratnya maskapai Wings Air dengan pesawat ATR 72 menjadi sejarah di Bandara Letung. Kenapa, Bandara Letung dibangun Juli 2014 dan beroperasi 22 November 2016, dan 10 Agustus 2018 didarati pesawat reguler Wings Air,” sebutnya. (INDRA GUANAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here