Bupati Ingin Putihkan Tunggakan Pajak

0
1003
PENGHARGAAN: Bupati Bintan H Apri Sujadi didampingi Kepala Badan Pengelolaan Pajak Daerah Yuzet menyerahkan penghargaan kepada pengusaha taat pajak, di Hermes Agro Resort, Senin (24/7) kemarin.F-Yendi/TANJUNGPINANG POS

43 Pengusaha Bintan Terima Penghargaan

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi ingin memutihkan tunggakan pajak bagi pengusaha, yang memiliki utang menumpuk kepada Pemkab Bintan. Namun, pemutihan tunggakan pajak ini masih disinkronkan dengan regulasinya. Rencana kebijakan itu disampaikan Bupati Bintan H Apri Sujadi, di sela penyerahan penghargaan kepada wajib pajak daerah atas partisipasi dalam pemungutan pajak periode 2014-2016, di Hermes Agro Resort & Convention Km 25 Toapaya, Senin (24/7) kemarin.

”Masih cukup banyak pengusaha wajib pajak, yang belum membayar pajak. Mungkin pengusaha tidak membayar pajak, karena utangnya menumpuk atau segan membayarnya. Untuk meringankannya, saya ingin putihkan tunggakan pajak mereka,” kata Apri Sujadi didampingi Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam.

Baca Juga :  Setiap Lansia Rumah Bahagia Dapat Rp2,7 Juta

Jika tunggakan pajak itu diputihkan, H Apri Sujadi menegaskan, harus ada konsekuensi dari pengusaha yang mendapat pengampunan pajak itu. Selanjutnya, pengusaha wajib mentaati pembayaran pajak, untuk masa-masa mendatang. ”Kalau pusat itu ada tax amnesty, di Bintan kita buat pemutihan wajib pajak. Untuk merealisasikan pemutihan atau semacam pengampunan pajak ini, kita cari dulu regulasinya. Sehingga, tidak ada masalah hukum pada masa mendatang,” jelas bupati.

Bicara pajak daerah, H Apri Sujadi menyatakan, sama halnya dengan bicara PAD. Saat ini Pemkab Bintan dibebankan untuk mengumpulkan PAD mencapai Rp 190 miliar. ”Baru dua tahun menjabat, sudah Rp 30 miliar target PAD yang dibebankan kepada kami. Itu kalau dibandingkan zaman Pak Ansar menjadi bupati dulu. Justru itu, kami mengimbau agar masyarakat dan semua wajib pajak selalu taat membayar pajak,” imbau H Apri Sujadi.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Ajarkan Anak Bintan Hidup Sederhana

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Bintan M Yuzet menyampaikan, saat ini ada sekitar 300 pengusaha kecil, sedang dan besar yang masih menunggak pajak daerah. Jumlah itu bukan termasuk warga Bintan yang belum bayar PBB. ”Untuk memutihkan tunggakan pajak bagi pelaku usaha itu, akan kita sinkronkan dengan regulasinya. Dibenarkan atau tidak, untuk pemutihan pajak itu. Saat ini, kami memberikan apresiasi kepada 43 pengusaha, yang patuh dan taat dalam membayar pajak,” sebut Yuzet.

Wajib pajak hotel dan restoran yang diberikan penghargaan berdasarkan kategori besar itu di atas Rp 10 miliar per tahun. Kategori sedang antara Rp 1 miliar sampai Rp 10 miliar per tahun. Kategori kecil di bawah Rp 1 miliar. Sedangkan untuk restoran sedang dari Rp 50 juta 500 juta. Kategori kecil Rp 1,2 juta sampai dengan Rp 50 juta. Penghargaan diberikan oleh Bupati H Apri Sujadi, Wabup H Dalmasri Syam dan Plt Sekda Adi Prihantara. Kegiatan ini dihadiri Ketua Komisi I DPRD Bintan Daeng M Yatir, pimpinan Bank RiauKepri, seluruh Kepala OPD, camat, lurah dan para wajib pajak.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here