Bupati Inginkan Perekrutan Secara Kontinyu

0
259
BUPATI Bintan H Apri Sujadi didampingi Kepala DPMPTSP Hasfarizal Handra, Kadisnaker Indra Hidayat meninjau progres pembangunan KEK Galang Batang, Bintan, Senin (29/7) pagi kemarin. f-istimewa
Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama Kepala DPMPTSP Bintan Hasfarizal Handra, Kadisnaker Indra Hidayat dan sejumlah OPD terkait, meninjau progres pembangunan KEK Galang Batang, Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Senin (29/7) pagi. Bupati menginginkan, program pelatihan dan proses perekrutan tenaga kerja lokal, dilakukan secara kontinyu di kawasan ini.

BINTAN – KAWASAN Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang yang diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, pada Desember 2018 lalu, terus melakukan proses pembangunan. Dari pihak perusahaan, pematangan lahan sudah mencapai 340 hektare.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, KEK Galang Batang yang ditetapkan melalui PP nomor 42/2017 tertanggal 12 Oktober 2017 ini, harus memberikan dampak yang signifikan bagi daerah, Bintan khususnya. Bupati dengan tegas meminta agar PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) selaku pengelola KEK Galang Batang, dapat menyiapkan pelatihan secara kontinnyu, untuk proses rekrutmen tenaga kerja lokal.

”Tindak lanjut dari komitmen perusahaan, sudah dibuka pelatihan sekitar 65 orang tenaga lokal, dengan berbagai kompetensi. Semua ini ditanggung oleh PT BAI untuk mendukung pengoperasian perusahaan ke depan,” ujar H Apri Sujadi, di sela meninjau progres pengembangan KEK Galang Batang, kemarin.

Peserta yang mengikuti pelatihan kerja, akan ditanggung oleh pihak perusahaan. Mulai dari biaya transportasi, akomodasi ditambah uang saku sekitar Rp3 juta per orang, saat mengikuti pelatihan di Nanshan College, China (Tiongkok). Pelatihan ini dimulai September 2019 nanti, hingga Juni 2020 mendatang.

”Setelah mengikuti pelatihan di Tiongkok, mereka kembali ke Galang Batang. Dan bekerja. Saya berharap, proses pelatihan dan rekrutmen tenaga kerja lokal seperti ini, dilakukan secara berkelanjutan, atau kontinyu gitu,” tegas H Apri Sujadi.

Dalam kesempatan tersebut, Santoni selaku Direktur PT BAI memaparkan progres pembangunan KEK Galang Batang. Menurutnya, perusahaan telah membebaskan lahan seluas 1.750 hektare. Kawasan yang telah dilakukan pematangan lahan mencapai 340 hektare. Untuk proses pekerjaan jalan di kawasan tersebut, sudah terbangun sepanjang 2 Km, dari 8,08 Km yang ditargetkan.

Untuk daya pendukung tenaga listrik telah dipasang sebesar 0,8 MVA oleh PLN, di kantor Administrator KEK Galang Batang. Selain itu, kawasan akan dilengkapi daya listrik pendukung dengan kapasitas mesin 2×1,3 MW dari PLN.

”Kami terus melakukan koordinasi ke pemerintah terkait pengoperasian perusahaan. Baik ke pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi maupun kementerian terkait lainnya,” tutup Santoni. (YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here