Bupati Karimun Diminta Evaluasi Kinerja Kepala OPD

0
371
FORUM OPD Pemkab Karimun ketika mengikuti rapat Musrenbang, Senin (25/2) belum lama ini.

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq, diminta mengevaluasi kinerja Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Karena sebagian dinilai belum maksimal bekerja, sebagaimana visi dan misi kepala daerah.

”Beberapa Kepala OPD belum maksimal melaksanakan pekerjaan, sebagaimana Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Karimun. Masih bergantung pada kemampuan kepala daerah, untuk mengusulkan kegiatan yang bersumber dari dana APBN,” kata Pemerhati Kinerja Aparatur Daerah, Jamaludin, Selasa (12/3)

Padahal, kepala OPD dituntut untuk berinovasi sesuai dengan dinas atau badan yang dipimpinnya. Tidak bergantung atau kemampuan kepala daerah untuk mengusulkan rencana pembangunan ke Pemerintah Pusat.

Baca Juga :  Belanja Daerah Menjadi Rp1,5 Triliun

Kepala OPD harus mampu menjalin komunikasi dengan kementerian sesuai dengan dinas dan badan tempat ia bekerja. Sehingga, program dari Pemerintah Pusat dapat berdampak ke daerah seperti perluasan bandara dan kegiatan lainnya.

Padahal Kepala OPD kerap menghadiri beberapa acara kementerian di Jakarta. Harusnya ini kesempatan menyampaikan usulan tentang pembangunan, atau kebutuhan yang diperlukan daerah tidak hanya sekedar menghadiri undangan untuk hadir di acara.

Sampai hari ini, pemerintah masih kesulitan mencari perusahaan atau badan usaha milik negara yang bersedia membangun jembatan antarpulau Belat ke Pulau Kundur.

Baca Juga :  Ada 9 Perusahaan Mau Nambang Pasir Laut

Demikian dengan pembangunan Balai Latihan Kerja, dan pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Karimun. Jika hanya mengandalkan kepala daerah, lanjut Jamaludin, program atau rencana pembangunan akan sulit terlaksana sampai akhir RPJMD Kabupaten Karimun. (yon)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here