Bupati Minta Mantapkan Kualitas Lintasan

0
176
ASISTEN I Setdakab Bintan Mohd Setioso didampingi Kadisbudpar Wan Rudi Iskandar, memimpin rapat persiapan Tour de Bintan, di Bintan Buyu, Rabu (13/3) kemarin. F-ISTIMEWA

1.200 Pebalap Dunia Bersaing di Tour de Bintan

Sebanyak 1.200 pebalap dunia dan dalam negeri, akan bersaing dalam iven tahunan Tour de Bintan 2019, 29 Maret sampai dengan 31 Maret mendatang. Bupati Bintan H Apri Sujadi meminta agar OPD terkait meningkatkan koordinasi antarinstansi.

BINTAN – SEBAGAI persiapan teknis, jajaran Pemkab Bintan mengadakan rapat koordinasi dengan pihak PT BRC Lagoi, perwakilan EO serta sejumlah instansi terkait, di ruang rapat Kantor Bupati Bintan, Rabu (13/3) pagi. Rapat koordinasi ini dipimpin oleh Asisten I Administrasi Pemerintahan Setdakab Bintan Mohd Setioso, didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan Wan Rudi Iskandar.

Dalam rapat ini dipaparkan, bahwa Tour de Bintan merupakan satu dari 2 iven di Asia, yang masuk dalam kualifikasi kelas Gran Fondo. Kualifikasi di Asia ini, bagian dari 21 iven balap sepeda internasional di dunia, yang digelar oleh UCI.

Untuk tahun 2019 ini, Tour de Bintan akan lebih menarik, karena akan diikuti pebalap Inggris, Jepang dan Australia. Diperkirakan, 1.800 turis asing akan menyaksikan Tour de Bintan 2019. Termasuk 1.200 orang pebalap dunia dari 23 negara yang mewakili 42 kewarganegaraan, akan bersaing.

Tour de Bintan yang diselenggarakan oleh EO MetaSport, tahun 2019 ini akan memindahkan lokasinya ke Bintan Lagoon Resort. Dua dari tujuh pilihan balapan yang tersedia adalah kualifikasi untuk kejuaraan dunia 2019 di Polandia, yaitu kategori Individual Time Trial yang berjarak 17 kilometer, Jumat siang (29/3), dan kategori Gran Fondo Classic berjarak 144 kilometer, Sabtu pagi (30/3).

Untuk mengamankan posisi di kejuaraan dunia, para peserta Tour de Bintan harus menyelesaikan perlombaan, dengan menjadi 25 persen teratas di kelompok usia masing-masing.

”Semuanya sudah kita bahas, dan kita persiapkan untuk penyelenggaraan Tour de Bintan 2019 ini. Ada sebanyak 1.200 pebalap dunia yang akan bersaing nantinya,” kata Setioso usai rapat koordinas, kemarin.

Bupati Bintan H Apri Sujadi telah menginstruksikan agar beberapa dinas terkait, untuk segera menuntaskan beberapa pekerjaan untuk penyelenggaraan Tour de Bintan ini. Mulai dari monitoring kondisi rute jalan yang akan dilintasi pebalap sepeda.

”Sudah saya instruksikan agar beberapa dinas terkait, untuk memantapkan kualitasi jalan sebagai lintasan para pebalap sepeda, pada ajang Tour de Bintan ini. Sebelum lomba, akan kita tinjau kembali,” ujar H Apri Sujadi, saat dihubungi.

Selain itu, bupati juga meminta agar beberapa dinas terkait untuk berkoordinasi secara intensif dengan Polres Bintan, terkait pengaturan lalu lintas kendaraan selama balapan berlangsung, Kemudian, dengan pihak Bea Cukai, Imigrasi serta Karantina agar membantu proses arus barang peserta lomba.

”Kita inginkan, semua bersinergi. Seluruh instansi terkait dan masyarakat diimbau untuk ikut serta menyukseskan iven international ini,” harap H Apri Sujadi. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here