Bupati Minta Tambah Rambu di Lintas Barat

0
526
Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Kadishub Yandrisyah membahas upaya mengurangi laka lantas di Lintas Barat, dan angkutan mudik lebaran ke Tambelan, kemarin.F-ISTIMEWA

Angkutan Kapal Gratis Perdana ke Tambelan, 9 Juni

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi prihatin, dengan sejumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan Lintas Barat, beberapa waktu terakhir ini. Bupati meminta agar Pemprov Kepri menambah rambu-rambu lalu lintas, untuk dipasang di jalan Lintas Barat tersebut.

”Kami dari Pemkab Bintan sudah bahas, angka laka lantas di jalan Lintas Barat. Ada beberapa faktor penyebabnya. Kita minta lah agar Pemprov menambah rambu lalu lintas di jalan Lintas Barat ini,” kata H Apri Sujadi, usai mengadakan rapat koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan sejumlah OPD, di Bintan Buyu, Selasa (5/6) kemarin.

Baca Juga :  Jam Kerja Korting 30 Menit, Puasa Jangan Jadi Alasan

Dari pendataan Dishub Bintan, kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Lintas Barat, Kabupaten Bintan akhir-akhir ini, didominasi oleh para pengendara kalangan remaja dan usia produktif. Kecelakaan itu terjadi karena pengemudi lalai dan selalu tidak fokus ketika mengendarai sepeda motor maupun mobil. Kemudian, kecepatan kendaraan sangat tinggi. Padahal, semakin cepat laju kendaraan, maka semakin sulit pula untuk dikontrol.

Pengemudi kerap ceroboh dan berpindah jalur seenaknya, dari kiri ke kanan, atau sebaliknya. Sehingga membuat pengendara lain di belakang atau di depan si pengendara bingung. Para pengendara khususnya remaja masih labil, dan tidak bisa mengendalikan emosi. Pengendara remaja ini sering nekat melawan arus. Risikonya, bisa berdampak kepada pengemudi lain.

Baca Juga :  Apri-Dalmasri Lepas Pawai Takbir

”Kesadaran berkendara yang baik itu sangat penting. Penggunaan sabuk pengaman untuk mengurangi risiko kecelakaan 61 persen. Sementara penggunaan helm bisa mengurangi risiko hingga 45 persen. Kita minta semua warga selalu konsentrasi dan waspada, ketika berkendaraan,” terang bupati.

”Selain penyebab itu, kita sudah meminta Dishub Bintan berkoordinasi ke Dishub Kepri agar penambahan rambu lalu lintas di jalan Lintas Barat dialokasikan,” sambung H Apri Sujadi.

Selain masalah laka lantas di jalan Lintas Barat, Pemkab Bintan juga membahas tentang angkutan mudik gratis ke Tambelan. Saat ini, Pemkab Bintan sudah menyiapkan armada kapal cepat MV VOC Batavia. Kapal gratis ini melayani 2 trip sebelum lebaran, dan 2 trip sesudah lebaran.

Baca Juga :  Saran Yatir, Tanah yang Telantar Diambil Saja

”Angkutan lebaran secara gratis dengan kapal cepat ini, untuk pelayaran perdananya, Sabtu (9/6) pagi ini, melalui pelabuhan Navigasi Kijang,” tambah H Apri Sujadi yang turut dibenarkan oleh Kepala Dishub Bintan Yandrisyah. (YUSFREYENDI-JENDARAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here