Bupati Optimis Kades Bisa Kelola Dana Desa

0
642
RAPAT KOORDINASI: Bupati saat memimpin rapat dengan seluruh kepala desa, kemarin. F-alrion/tanjungpinang pos

Bupati Karimun Aunur Rafiq optimis 42 kepala desa (kades) se-Kabupaten Karimun mampu mengelola Dana Desa (DD) dari APBN dan Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD Karimun.

KARIMUN – Hal itu disampaikan Aunur Rafiq pada rapat bersama seluruh kepala desa se-Kabupaten Karimun di Gedung Nasional Karimun, Kamis (9/11). Saat rapat juga dihadiri langsung dari Kepolisian, Kejaksaan, BPN dan BPKP Kepri serta instasi vertikal lainnya.

Rafiq mengingatkan bahwa kades bersamaan dengan aparatur desa harus mematuhi aturan tentang penggunaan atau peruntukan DD serta ADD. Peruntukan dana tersebut harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga :  Kapal 2 Ribu GT Bisa Sandar di Parit Rempak

Untuk itu, Aparatur Desa dituntut memahami Peraturan Daerah No.5 Tahun 2015 tentang Desa. Kemudian didukung 4 Peraturan Bupati Karimun yang mengatur penyusunan peraturan desa, pengadaan barang dan jasa desa, tentang SOTK Desa, pedoman teknis tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.

Serta tata cara penggunaan APBDes Tahun 2017. Tahun ini total keseluruhan DD Rp 35.818.950.000 yang dibagi pada 42 desa. Dengan peruntukan maksimal 70 persen untuk pembangunan dan minimal 30 persen untuk pemberdayaan sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati No.5 Tahun 2017.

Baca Juga :  Petani Kundur Jual Buah ke Batam

ADD tahun 2017 sebesar Rp 16.401.000.000 digunakan untuk penghasilan tetap, operasional desa, operasional/honorer BPD, insentif RT/RW, penyelenggaraan Pemerintahan Desa lainnya. BKK sebesar Rp 2.608.867.751 digunakan untuk penghasilan tetap, operasional desa dan pembinaan.

Sementara itu, Kapolres Karimun AKBP Agus Fajarudin menyampaikan siap mengawal pelaksanaan penggunaan DD dan ADD .Termasuk memberikan penyuluhan hukum, sehingga tidak terjadi penyalahgunaan DD dan ADD.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here