Bupati Optimis PAD Meningkat

0
545
Puncak bercabang: Gunung Daik bercabang tiga salah satu lokasi pemandangan di Lingga yang sering diabadikan turis. Tahun ini, PAD Lingga dari sektor wisata akan naik. f-dok/tanjungpinang pos

Kedatangan Turis Meningkat saat PPTMA

Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA) Lingga tahun 2017 tak hanya sekedar kegiatan budaya, namun perhelatan akbar ini membawa dampak luas bagi Kabupaten Lingga.

LINGGA – Bupati Lingga, H Alias Wello mengatakan, PPTMA Lingga juga berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Lingga termasuk kenaikan angka kunjungan wisatawan nusantara (wisnus).

Dengan kenaikan angka turis dan wisnus, maka Alias Wello optimis Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lingga dari sektor pariwisata akan naik tahun ini.

Bahkan ia yakin, kenaikan PAD dari sektor wisata bisa sampai 25 persen dibandingkan tahun lalu. Awe, panggilan akrab Alias Wello yakin, PAD Pemkab Lingga dari sektor pariwisata bisa tembus Rp 2 miliar tahun ini.

Jumlah ini naik sekitar Rp 500 juta dibandingkan tahun 2016 lalu. Berdasarkan data penerimaan tahun 2016 lalu, PAD dari sektor wisata Pemkab Lingga sekitar Rp 1,5 miliar saja.

Dibandingkan tahun 2016, tahun ini, Pemkab Lingga meningkatkan event-event yang berhubungan langsung dengan kepariwisataan, sehingga berdampak pada pendapatan daerah dan masyarakat.

”Tahun ini, banyak event wisata yang dilakukan di Kabupaten Lingga. Diantaranya Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa, offroad, Festival Gunung Daik dan event-event lainnya,” kata Alias Wello kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (19/11) kemarin.

Agenda PPTMA di Lingga melibatkan sejumlah tamu dari negara serumpun. Dengan sendirinya akan menambah kehadiran turis ke Lingga.

Apalagi, Pemprov Kepri melalui Dinas Pariwisata berusaha menggandeng agen travel untuk mengajak turis ke Lingga menyaksikan berbagai event yang akan diadakan hingga, 29 November mendatang.

Festival Gunung Daik juga diminati sejumlah turis. Termasuk menjelajah beberapa tempat wisata di Lingga akan diikuti beberapa turis dari Eropa dan Asi Tenggara.

Dikatakan Alias Wello, untuk memaksimalkan potensi pariwisata dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Lingga, pihaknya akan melakukan pembangunan sarana dan prasarana pendukung yang dibutuhkan dengan kemampuan keuangan daerah yang tersedia.

Sebab, tanpa pembangunan infrastruktur, maka sulit mengembangkan pariwisata. Meski lokasinya bagus dan indah, namun tidak akan dikunjungi apabila tak ada akses ke sana.

Beberapa pembangunan yang membutuhkan anggaran besar melalui instansi terkait telah ditugaskan untuk mengusulkan ke Pemprov Kepri atau pemerintah pusat.

”Sesuai dengan prioritas pembangunan Kabupaten Lingga yang tertuang dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), sektor pariwisata salah satu yang diutamakan,” ucapnya.

Dikatakannya, pengembangan pariwisata Kabupaten Lingga disejalankan dengan program wisata nasional. Dan pada pelaksanaan program tersebut harus mendapat dukungan dan partisipasi dari masyarakat setempat.

”Sinergisnya program yang dijalankan akan memaksimalkan pengembangan pariwisata di Lingga,” bebernya.

”Potensi ekowisata berbasis masyarakat sangat mungkin dikembangkan menjadi lebih baik. Hanya tinggal dibenahi,” imbuhnya.

Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA) Lingga tahun 2017 sempena Hari Ulang Tahun ke-14 Pemkab Lingga.(TENGKU)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here