Bupati Perintahkan Bayar Upah Pekerja Stadion

0
646
BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersama OPD dan kontraktor meninjau kegiatan pembangunan infrastruktur fisik dan jalan tahun anggaran 2017, belum lama ini.f-istimewa

Dua Tahun Kepemimpin Apri-Dalmasri di Bintan

BINTAN – KEPEMIMPINAN Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama Wabup H Dalmasri Syam, genap 2 tahun, Sabtu (17//2) lalu. Sehari sebelumnya, Bupati Bintan H Apri Sujadi meradang, karena kontraktor proyek pembangunan stadion utama Bintan di Busung, belum membayar upah pekerja.

Karena belum menerima upah, sejumlah pekerja proyek pembangunan stadion utama Bintan di Busung, menuntut bupati untuk membayar upah tersebut. Tuntutan itu disampaikan pekerja dengan cara memasangkan spanduk. Di spanduk hitam berukuran 2×10 meter itu bertuliskan ‘tolong bayar upah kami!!, keringat kami bukan gratis, perhatikan nasib kami. Pak Bupati, kami setengah mati menanti, tolong selesaikan gaji kami’.

Karna (53), seorang pekerja proyek pembangunan stadion utama Bintan di Desa Busung mengatakan, dirinya masih tinggal di sekitar bangunan stadion. Karena, dirinya menerima upah selama 2 bulan terakhir.

Baca Juga :  Empat Kecamatan Dapat Sertifikat Gratis

”Saya digaji harian. Seharinya dibayar Rp 100 ribu. Sudah 2 bulan belum dibayar,” kata pria asal Sukabumi ini, Minggu (18/2) kemarin.

Ia menyebutkan, ada sebanyak 40-an orang pekerja yang belum dibayarkan upahnya oleh pihak kontraktor. Ada yang belum dibayar 2 bulan, dan ada pula yang belum dapat upah selama 3 bulan.

”Total pekerja di sini ada 110-an mas. Sebagian besar kami merupakan pekerja dari Jawa seperti Garut, Tasik dan Sukabumi. Sebagian pekerja bahkan sudah dipulangkan ke daerah asalnya, namun upah sudah dibayar,” jelasnya.

Bupati Bintan H Apri Sujadi meradang, ketika mendapat laporan mengenai upah pekerja yang belum dibayar oleh kontrator itu.

”Saya masih di luar kota. Segera kita panggil dan meminta pihak kontraktor untuk membayar upah pekerja, yang belum dilunasi itu. Senin (19/2) ini, saya sudah di Bintan,” kata H Apri Sujadi saat dihubungi koran ini.

Baca Juga :  Hasil Swab, Seorang Jajaran Pengawas Negatif Covid-19

Sebelum memanggil kontraktor, H Apri Sujadi sudah menginstruksikan kepada OPD terkait. Bupati menyatakan, Pemkab Bintan menindak tegas setiap kontraktor yang mengerjakan pembangunan proyek pemerintah, namun tidak menyelesaikan kewajibannya kepada para pekerja.

”Kontraktor harus tanggung jawab terhadap pekerjanya. Jangankan upah, pekerja itu mesti dilindungi BPJS tenaga kerja. Ini menjadi catatan kita, untuk memberikan pekerjaan kepada setiap kontraktor,” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perkim Kabupaten Bintan Herry Wahyu melalui Kabid Pemukiman Bayu Wicaksono mengatakan, pihaknya akan mengambil beberapa langkah, agar masalah upah pekerja proyek stadion di Busung, Kecamatan Seri Kuala Lobam itu secepatnya diselesaikan. Dinas Perkim segera memanggil kontraktor guna memediasi masalah ini, dengan para pekerja.

Baca Juga :  PPKB Forkomwil Beri Penyuluhan Kespro bagi Pelajar

”Kewajiban Pemkab Bintan untuk pembayaran kegiatan pembangunan stadion olahraga di Busung itu, telah dilaksanakan kepada kontraktor. Gaji para pekerja adalah tanggung jawab kontraktor selaku pelaksana pembangunan kegiatan,” kata Bayu.

”Namun, kita akan melakukan upaya mediasi antara pihak pekerja dan kontraktor, agar masalah ini secepatnya selesai,” sambungnya.

Dua Tahun Apri-Dalmasri
Pemkab Bintan akan menggelar dialog interaktif dan evaluasi pembangunan, Senin (19/2) ini. Kegiatan ini, sebagai refleksi dua tahun kepemimpinan Apri-Dalmasri, menjabata Bupati dan Wakil Bupati Bintan. Dialog dilaksanakan di Kantor Bintan Buyu.(YENDI-JENDARAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here