Bupati Prioritaskan Kebutuhan Air Bersih

0
469
PIPA BOCOR: Warga saat menghindar air yang bocor pada salah satu pipa. F-DOKUMENTASI

ANAMBAS – Dengan adanya peningkatan pendapatan di Kabupaten Kepulauan Anambas, Pemerintah Daerah (pemda) mencanangkan akan melaksanakan kegiatan yang menyentuh langsung terhadap kebutuhan dasar masyarakat dan itu bagian dari prioritas.

”Semua rencana kegiatan sudah selesai disusun, kita masih mengatur jadwal yang tepat untuk melakukan penyampaian beberapa kegiatan di dalam pembahasan di APBD Perubahan tahun 2017 nantinya,” ungkap Abdul Haris, Bupati Anambas, Selasa (4/7). Ia menjelaskan, kegiatan itu harus segera dilakukan karena telah menjadi bagian dari ketentuan dalam pelaksanaan sistem pemerintahan. Abdul Haris juga merincikan, dalam realisasi belanja daerah pada tahun 2016 lalu berkisar Rp 795 miliar atau sama dengan 88,94 persen. Ia juga menambahkan, pada tahun 2016 pernah mengalami Silpa (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran) sekitar Rp 97,8 miliar.

”Pemda Anambas pada tahun 2015 pernah mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengeculian (WTP), tetapi pada laporan keuangan tahun 2016 diberikan predikat dengan nilai Wajar Dengan Pengecualian (WDP),” ungkap Haris. Karena diberi prediket WDP, Haris optimis laporan keuangan 2017 mendatang bisa meraih predikat nilai WTP. Dengan predikat yang diberikan oleh BPK beberapa waktu yang lalu, disebabkan masih belum lengkapnya tentang serah terima aset dari Kabupaten Induk (Natuna) dengan Kabupaten Anambas.

”Kita tetap optimis tahun 2017 nanti laporan keuangan akan meraih predikat WTP. Hanya masalah penyerahan aset saja yang masih ada kendala, makanya kemarin kita raih nilai WDP,” jelasnya. Mengenai kegiatan yang menyentuh langsung kepada masyarakat cukup banyak, seperti kebutuhan akan air bersih, penerangan, transportasi, komunikasi dan infrastruktur lainnya.

Secara perlahan, dengan ketersediaan anggaran yang memadai pemda terus mengupayakan hal itu untuk kemajuan masyarakat. Untuk persoalan air, pihaknya akan tetap menjadi prioritas utama untuk ke depannya. Selain air, kebutuhan mendasar lainnya akan tetap menjadi visi misi utama dalam memajukan Anambas

”Kita terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tentu itu semua tergantung dengan ketersedian anggaran pula dan butuh proses yang berkelanjutan ke depannya,” tuturnya. (cr29)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here