Bupati Resmikan RSUD Tarempa

0
204
BUPATI KKA Abdul Haris SH ketika meresmikan RSUD Tarempa yang ditandai pembukaan papan nama RSUD. f-indra gunawan/TANJUNGPINANG POS

RSUD Tarempa sejak lama telah dinantikan pengoperasiannya oleh masyarakat, dan akhirnya Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris SH meresmikannya, Senin (12/11)

ANAMBAS – Peresmian itu, turut memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, dan peresmian RSUD Tarempa dilaksanakan setelah Apel pagi di halaman Kantor Bupati Anambas

Dengan letak geografis di wilayah perbatasan dan terluar, serta terdiri dari pulau-pulau keberadaan RSUD Tarempa menjadi solusi bagi masyarakat di Kepulauan Siantan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal.

Haris mengungkapkan, secara fisik bangunan RSUD Tarempa yang dibangun sejak tahun 2014 kini telah selesai dibangun dan bahkan telah diresmikan.

Dengan penuh pertimbangan dan keterbatasan daerah, yang terletak di kawasan perbatasan maka diperlukan pemanfaatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan secara maksimal.

”Kita harus segera manfaatkan RSUD tersebut, dalam mememuhi kebutuhan masyarakat atas pelayanan kesehatan. Jika harus menunggu-menunggu terus, maka pelayanan kesehatan juga akan kendala dan tidak bisa maksimal. Alhamdulilah, Senin (12/11) kita sudah resmikan RSUD Tarempa dengan lancar,” ungkap Abdul Haris SH ketika di wawancarai oleh sejumlah awak media, Senin (12/11).

Ia menambahkan, mengenai kelemahan dan kekurangan terkait RSUD tentu tetap ada.

Namun, itu akan menyesuaikan dengan waktu yang berjalan. Ia juga menyampaikan, mengenai tenaga medis seperti dokter spesialis tersedia dan dokter umum juga ada.

”Alat kesehatan tersedia, tapi masih banyak harus dilengkapi. Untuk yang diperlukan saat ini sudah ada. Kekurangan lainnya akan di lengkapi dengan beroperasionalnya RSUD seterusnya,” ujar dia.

Ketika ditanya mengenai masuk dalam kategori standar terkait RSUD itu, ia menegaskan bahwa sudah layak dan diketahui RSUD itu masih tipe D.

Tidak menutup kemungkinan, waktu yang akan datang mengalami peningkatan.

”Minimal masyarakat dapat menikmati pelayanan kesehatan dengan cepat, dan nyaman serta tidak merasa khawatir lagi ketika hendak mendapatkan pengobatan. Untuk hari ini, akan dilakukan pengobatan secara gratis untuk semua jenis keluhan penyakit,” kata dia.

Haris juga akan menentukan jadwal ke depannya, dalam agenda melakukan pengobatan gratis kepada masyarakat yang berada di pelosok-pelosok desa yang masih belum mengetahui terkait hal ini.

Kini, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang hal tersebut.

Oleh karenanya, butuh sosialisasi dari masyarakat dan awak media agar dapat menyampaikan informasi ini dengan cepat dan baik.

”Nanti kita akan tentukan jadwal lain lagi, terkait pengobatan gratis seperti hari ini di lakukan. Masih banyak masyarakat di pelosok-pelosok desa, yang ingin mendapatkan pelayanan yang sama seperti Desa Mengkait, Kiabu, Telaga dan Lingai,” jelas dia.

Untuk kebijakan terkait RSUD nanti akan memiliki kewenangan tersendiri, dan Direktur RSUD juga sudah ditunjuk yakni Dr Rini Gumala.

Hal itu akan diatur lagi pastinya, dengan melalui mekanisme dan peraturan yang berlaku. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here