Bupati Salut dengan Ikmastam

0
41
BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersalaman dengan warga Tambelan, yang berada di Kalimantan Barat, di sela halalbihalal di Pontianak, Minggu (24/6) kemarin. f-istimewa/kominfo bintan

Ratusan Warga Tambelan Ngumpul di Pontianak

BINTAN – Bupati Bintan H Apri Sujadi salut kepada warganya, pada saat menggelar halalbihalal dengan warga Kecamatan Tambelan, yang berada di perantauan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Dalam acara halalbihalal dan silaturahmi ini, bupati disambut ratusan keluarga Ikatan Kerukunan Masyarakat Tambelan (Ikmastam) Kepri, di Provinsi Kalimantan Barat.

Warga Tambelan yang hadir dalam acara silaturahmi ini berasal dari 14 kabupaten/kota di Provinsi Kalbar. Silahturahmi digelar di Ballroom Khatulistiwa, Hotel Aston, Kota Pontianak, Minggu (24/6) pagi kemarin.

Dalam sambutannya, Bupati Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, ia hadir di Pontianak (Kalbar) dalam acara halalbihalal ini, karena sangat ingin untuk bersua dengan masyarakat Tambelan, yang ada di Kalbar. Bupati merasa bangga dengan antusias masyarakat yang menyambut kedatangannya. Apri Sujadi juga memuji solidaritas yang terbangun di wadah paguyuban kekeluargaan masyarakat Tambelan di Kalbar tersebut.

”Saya salut (hormat) dengan kekeluargaan ini. Berada di daerah perantauan, hari ini (kemarin, red), dari semua penjuru Kalimantan Barat berkumpul di sini. Luar biasa, kerukunan yang terjalin tidak hanya pada nama ikatannya. Tetapi benar-benar wujud nyata,” ungkapnya saat ditemui usai acara.

Pada kesempatan tersebut, bupati menjelaskan tentang pembangunan Kecamatan Tambelan, pada saat ini. Ia menyatakan, prioritas dan fokus Pemkab Bintan terhadap pulau terluar (Tambelan) di Kabupaten Bintan itu, menjadi prioritas khusus. Satu contoh di bidang kesehatan, Pemkab Bintan telah merancang MoU dengan Rumah Sakit Abdul Aziz, di Kota Singkawang. Kerja sama ini ditujukan bagi masyarakat Tambelan, yang ingin berobat maupun melakukan perawatan medis lainnya.

Dari tahun 2016, 2017 sampai tahun ini (so18), setiap tahunnya dalam APBD Bintan dianggarkan Rp 1,8 miliar, untuk transportasi bagi masyarakat Tambelan yang ingin berobat. Baik ke Bintan maupun ke Kalimantan.

”MoU dengan Rumah Sakit di Singkawang nanti, kami harapkan bisa meringankan warga Tambelan. Ingat, hanya dengan KTP, warga Bintan sudah bisa berobat di sana,” tegas H Apri Sujadi.

Selain itu, lanjut bupati, usaha Pemkab terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk menyelesaikan bandar udara Tambelan. Program di bidang transportasi ini juga menjadi progres utama. Sampai saat ini, progres pembangunan bandara Tambelan sudah mencapai 80 persen. Sesuai target, akan selesai tahun 2019 mendatang.

Halalbihalal dengan Ikmastam Kalbar ini dihadiri anggota DPR RI Erwin Tobing, tokoh masyarakat Tambelan Prof DR Maswardi M Amin, Ketua Ikmastam Kepri di Kalbar Erwan Irawan, Camat Tambelan, Kapolsek Tambelan, lurah/kades se-Kecamatan Tambelan.

Ketua panitia halalbihalal Ibrahim Ahmad Zawawi menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan sejak beberapa tahun terakhir. Ia berharap, kegiatan serupa terus dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang. ”Insya Allah, dengan kegiatan ini semoga hubungan erat kita ini bisa selalu terjalin,” tuturnya.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here